Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, Hoaks

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 11 Januari 2021 07:49
Beredar sebuah foto tangkapan layar memperlihatkan seorang bayi menggunakan pelampung. Foto itu beredar melalui pesan berantai WhatsApp, baru-baru ini.
 
Bayi pada foto itu dinarasikan sebagai salah satu korban kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ182. Berikut narasi selengkapnya:

"BASARNAS, SAR, dan Team gabungan Angkatan Laut Berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air sj 182. Atas kuasa Allah swt masih selamat. dan Terombang ambing selama 24 jam di lautan."


 
[Cek Fakta] Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, Hoaks

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto itu memperlihatkan bayi korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, adalah salah. Faktanya, bayi pada foto itu bukan korban kecelakaan pesawat. Dilansir Suara.com, bayi itu merupakan korban Kapal Motor Lestari Maju yang tenggelam pada Selasa 3 Juli 2018. Bayi bernama Aditya itu ditemukan tim SAR dan TNI dalam kondisi selamat di perairan Pulau Selayar, Sulawesi Selatan, Rabu 4 Juli 2018.

"Balita berusia 10 bulan itu tercatat sebagai warga Desa Bontokanang, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar," tulis Suara.com dalam laporannya, Rabu 4 Juli 2018.


Menurut Ansar, kakek Aditya, cucunya itu berangkat dari Bulukumba ke Selayar. Aditya berangkat bersama 6 anggota keluarga lainnya.

"Aditya berlayar bersama 6 orang keluarga, termasuk ibunya, Ningsih (25) dan dua kakaknya, Anjel (8) dan Haidir (2). Tapi kata tim SAR, ibu dan kakaknya ditemukan meninggal dunia,” kata Ansar seperti dilansir Suara.com, Rabu 4 Juli 2018.


 
[Cek Fakta] Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, Hoaks
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto itu memperlihatkan bayi korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182, adalah salah. Faktanya, bayi pada foto itu bukan korban kecelakaan pesawat.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, Hoaks
 

Referensi:
https://www.suara.com/news/2018/07/04/212051/haru-ibu-tenggelam-usai-beri-pelampungnya-ke-bayi-agar-selamat?page=all
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif