Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Akhyar Nasution Menang Telak atas Bobby Nasution? Ini Faktanya

Medcom Files hitung cepat pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Cek Fakta Pilkada Medan
M Rodhi Aulia • 10 Desember 2020 06:59
Beredar sebuah narasi bahwa calon Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Akhyar Nasution menang telak atas rivalnya, Bobby Nasution. Narasi itu beredar di media sosial.
 
Narasi itu tampak pada sebuah tangkapan layar salah satu artikel media online. Adalah akun facebook Jufrii Saktii Nurezarahmat Reborn yang turut mengunggah sebuah tangkapan layar artikel berjudul "Akhyar Nasution Menang Telak atas Bobby Nasution".
 
Unggahan ini dibuat dalam sebuah grup facebook yang memiliki anggota lebih dari 142 ribu orang. Akun itu membuat komentar. Berikut selengkapnya:


"Gila QUICK QOUNT ...sementara petahana punya akses ke KPU weleh weleh setelah terkumpul sampai pelosok medan ..," tulis akun facebook Jufrii Saktii Nurezarahmat Reborn, Kamis 10 Desember 2020.


[Cek Fakta] Akhyar Nasution Menang Telak atas Bobby Nasution? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa judul artikel "Akhyar Nasution Menang Telak atas Bobby Nasution" sebagaimana yang tampak pada tangkapan layar artikel itu, adalah salah. Faktanya, hasil pantauan kami pada Kamis 10 Desember 2020 pukul 06.45 WIB, judul artikel pada tangkapan layar itu tidak utuh. Judul artikel selengkapnya adalah "Akhyar Nasution Menang Telak atas Bobby Nasution di TPS Tempatnya Mencoblos". Artikel itu diproduksi SUMUT NEWS dan dimuat di Kumparan.com pada 9 Desember 2020 pukul 15.44.
 

[Cek Fakta] Akhyar Nasution Menang Telak atas Bobby Nasution? Ini Faktanya
 

Dijelaskan dalam artikel itu, Akhyar menang telak atas Bobby di tempat pemungutan suara (TPS) 22, Kelurahan Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur. Hal itu seperti disampaikan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 22, Edy Fitriawansyah Y.

"Untuk hasil suara untuk nomor 01 (Akhyar), 238 suara. Untuk nomor 02 (Bobby), 20 suara. Yang tidak sah ada 1," kata Edy.


Sedangkan perolehan suara secara keseluruhan di Kota Medan, Bobby dan pasangannya, Aulia Rachman unggul. Namun hal itu masih berdasarkan hitungan cepat lembaga survei.

"Secara statistik versi quick count bisa dikatakan Bobby sudah menang," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya seperti dilansir Medcom.id, 9 Desember 2020.


Dari hasil quick count Charta Politika, Bobby-Aulia memperoleh 54,76 persen suara. Sedangkan, Akhyar-Salman hanya 45,24 persen. Suara yang sudah terhimpun mencapai 95,67 persen.
 
Meski demikian, Bobby dan Aulia mengaku perjuangannya belum tuntas. Pasangan ini berkomitmen menunggu hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan.

"Tugas kami belum selesai karena masih ada real count KPU Medan setelah ini," kata Bobby.


 
[Cek Fakta] Akhyar Nasution Menang Telak atas Bobby Nasution? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa judul artikel "Akhyar Nasution Menang Telak atas Bobby Nasution" sebagaimana yang tampak pada tangkapan layar artikel itu, adalah salah. Faktanya, judul artikel itu tidak utuh.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Akhyar Nasution Menang Telak atas Bobby Nasution? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://kumparan.com/sumutnews/akhyar-nasution-menang-telak-atas-bobby-nasution-1ukNaiAAKpP/full
medcom.id/pilkada/news-pilkada/zNPZGrWk-bobby-aulia-tunggu-putusan-resmi-kpu-kota-medan
https://archive.md/IDJ5Y
https://archive.md/amowI
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif