Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial

Jokowi ke Natuna untuk Syuting Film Titanik? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 08 Januari 2020 15:00
Akun FacebookAndri Rockersmembagikan sebuah tangkapan layar pemberitaan berjudul"Jokowi Terbang ke Natuna, Tinjau Langsung Situasi di Sana"dalam sebuah grup facebook bernama(PSPS) Pendukung Setia PRABOWO-SANDIpada Rabu 8 Januari 2020.
 
Dalam tangkapan layar itu tampak Presiden Jokowi didampingi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Mereka berdua sedang berada di atas kapal dengan menggunakan jaket bomber.
 
AkunAndri Rockersmembubuhkan narasi pada foto tangkapan layar itu bahwa kedatangan Jokowi ke Natuna, Kepulauan Riau, untuk keperluan syuting film Titanik. AkunAndri Rockersberharap syuting itu berjalan dengan aman tanpa ada pencitraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Berikut narasi lengkapnya:
Semoga syuting film TITANIK (SI PANIK) di laut natuna berjalan aman tanpa ada pencitra'an. #SAVE_SI_PENTHOL_KOREK
 

Jokowi ke Natuna untuk Syuting Film Titanik? Ini Faktanya

 

Penelusuran:
Dari penelusuran timCek Fakta Medcom.id, klaim bahwa kedatangan Presiden Jokowi ke Natuna, Kepulauan Riau untuk syuting film Titanik adalah salah.
 
Kami mengecek tangkapan layar pemberitaan yang dibagikan akunAndri Rockers, itu berasal dari laman artikelTempo.coyang terbit pada Rabu 8 Januari 2020. Laman artikel itu berjudul"Jokowi Terbang ke Natuna, Tinjau Langsung Situasi di Sana."
 
Foto dalam pemberitaan itu diambil oleh Biro Pers Setpres pada 23 Juni 2016. Kala itu Presiden Jokowi dan Luhut yang masih menjabat Menko Polhukam sedang berada di atas kapal perang KRI Imam Bonjol 383, di perairan Natuna, Kepulauan Riau.
 

Jokowi ke Natuna untuk Syuting Film Titanik? Ini Faktanya
 

Sementara maksud kedatangan Jokowi ke Natuna pada Rabu 8 Januari 2020 adalah dalam rangka kunjungan kerja. Dalam lamanMedcom.id,Jokowi lepas-landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.30 WIB. Di Natuna, Jokowibertemudengan ratusan nelayan dan menyerahkan sertifikat hak atas tanah ke masyarakat setempat di Kantor Bupati Natuna.
 
Kehadiran Jokowi di Natuna juga sebagai simbolhadirnya negaradi tengah hubungan diplomatik Indonesia-Tiongkok yang sedang memanas. Hal itu lantaran sejumlah kapal nelayan Tiongkok bertahan di Perairan Natuna. Di sana, kapal-kapal Tiongkok tersebut bersikukuh menangkap ikan yang berjarak sekitar 130 mil dari perairan Ranai, Natuna.
 
"Bapak Presiden dalam persoalan Natuna ini benar-benar memberikan attention serius," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di kantornya, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 8 Januari 2020.
 
Jokowi ke Natuna untuk Syuting Film Titanik? Ini Faktanya
 
Pramono menyebut kehadiran kepala negara juga memperlihatkan negara betul-betul hadir. Politikus PDI Perjuangan itu yakin sikap yang diambil Jokowi didukung seluruh masyarakat Indonesia. Sebab, ini berkaitan dengan kedaulatan negara.
 
Kesimpulan:
Klaim bahwa kedatangan Presiden Jokowi ke Natuna, Kepulauan Riau untuk syuting film Titanik adalah salah. Faktanya, kedatangan Jokowi dalam rangka kunjungan kerja.
 
Informasi hoaks tersebut masuk dalam kategori satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 

Sumber:
https://www.facebook.com/groups/276665096312116/permalink/512406896071267/
 

Referensi:
1. https://bisnis.tempo.co/read/1292352/ke-uea-jokowi-akan-saksikan-penekenan-kerja-sama-proyek-rp-163-t
 
2. https://www.medcom.id/nasional/politik/gNQ03oaK-kunjungan-jokowi-ke-natuna-buktikan-kedaulatan-nkri?utm_source=desktop&utm_medium=headline
 
3. https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/9K5r8qRN-kehadiran-jokowi-sinyal-pemerintah-serius-tangani-isu-natuna
 
4. https://www.medcom.id/foto/news/4ba564vb-jokowi-tiba-di-natuna
 

 

(DHI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif