Tangkapan layar pemberitaan palsu di situs Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di situs Youtube

Ibu Hamil Terjepit Bus Damri di Bandara Soekarno-Hatta? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 07 Januari 2020 16:00
Akun Youtube Tangerang Keren membagikan sebuah video dengan judul "Ibu Hamil Terjepit di Shuttle TOD M1 Bandara Soetta" pada Minggu 5 Januari 2020. Video berdurasi 2 menit 42 detik itu diawali dengan penampakan sejumlah petugas keamanan sedang berada di antara bus Damri bernopol B 7240 TAA dan tembok dengan tinggi sekitar satu meter.
 
Mereka seperti ingin mencari sesuatu di kolong bus dan dari kolong bus itu, mereka terlihat menggotong seorang ibu berhijab gelap. Disebutkan,ibu yang terperangkap itu sedang hamil.
 
Berikut narasinya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Ibu Hamil terjepit di Shuttle TOD M1 Bandara Soetta. Korban yang tidak diketahui namanya tengah berjalan kaki hendak pulang kerja namun saat di Shuttle korban tidak mengetahui ada mobil Bus lewat dan akhirnya si Ibu hamil tersebut terjepit hingga pingsan. Siapa yang harus bertanggung jawab ini."
Ibu Hamil Terjepit Bus Damri di Bandara Soekarno-Hatta? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim cek fakta Medcom.id, klaim bahwa ibu hamil terjepit di Shuttle TOD M1 Bandara Soekarno Hatta adalah salah. Hal itu seperti dilansir Kompas.com pada Senin 6 Januari 2020 dengan judul "Kronologi Perempuan Terjepit Bus Damri di Halte Soekarno-Hatta."
 
Di dalam artikel itu disebutkan bahwa Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Ahmad Alexander mengatakan, korban bernama Nurlela. Ia merupakan warga RT 03 RW 03, Kelurahan Poris Jaya, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang.
 
Sekitar pukul 13.25 WIB, Nurlela bersama rekannya, Wulandari, tengah berjalan menuju kantornya di kawasan bandara. Namun Nurlela memilih berjalan di jalur Damri. Bukan jalur pejalan kaki.
 
"Pada saat bersamaan bus sudah dalam posisi berjalan, kemudian korban jatuh dan masuk di bawah badan bus," kata Alex.
 
Petugas keamanan setempat mengevakuasi korban dan membawanya ke kantor kesehatan setempat, serta merujuk korban ke RSUD Kabupaten Tangerang. Namun dalam kesempatan itu, Alex membantah bahwa Nurlela dalam keadaan hamil.
 
"Korban tidak dalam kondisi hamil," tegas Alex.
 

Ibu Hamil Terjepit Bus Damri di Bandara Soekarno-Hatta? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa korban yang terjepit bus Damri itu dalam keadaan hamil, salah. Faktanya, korban tidak dalam keadaan hamil.
 
Informasi hoaks tersebut masuk dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://megapolitan.kompas.com/berita/20524001-kronologi-perempuan-terjepit-bus-damri-di-halte-soekarno-hatta
 

Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=cxbewlM-q3U
 

 

(DHI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif