Tangkapan layar pemberitaan palsu terkait RSUA membuat paket harga tes covid-19
Tangkapan layar pemberitaan palsu terkait RSUA membuat paket harga tes covid-19

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] RS Universitas Airlangga Pasang Tarif Tes Korona? Hoaks

Medcom Files Cek Fakta
Wanda • 20 Maret 2020 19:43
Beredar foto yang memuat surat pemberitahuan yang dikalim berasal dari Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA). Surat tersebut berkaitan dengan daftar paket harga untuk pemeriksaan virus Korona tipe baru alias covid-19.
 
Foto surat pemberitaan itu beredar melaui pesan berantai WhatsApp. Selain itu, di media sosial juga ditemukan unggahan foto yang sama.
 

[Cek Fakta] RS Universitas Airlangga Pasang Tarif Tes Korona? Hoaks

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Setelah ditelusuri, klaim pada foto bahwa RSU Airlangga memasang tarif harga untuk pemeriksaan covid-19 adalah salah. Dilansir dari suarasurabaya.net, Direktur RSU Airlangga Prof. Nasronudin menegaskan, informasi tersebut palsu. Dia mengatakan, pihak Rumah Sakit tetap mengikuti kebijakan yang ditetapkan pemerintah terkait tes covid-19. “RSUA mengikuti kebijakan pemerintah. Siapa itu ya yang share? Kita ini lagi prihatin, over load. Harus aktif membantu masyarakat,” ujar Prof. Nasronudin saat dihubungi pada Kamis 19 Maret 2020.
 
Prof. Nasronudin menambahkan, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK. 01.07/Menkes/169/2020 tentang penetapan RS rujukan penanggulangan penyakit infeksi emerging tertentu, RSU Unair berkomitmen untuk tetap memberikan layanan gratis bagi masyarakat dengan kriteria tertentu.
 

[Cek Fakta] RS Universitas Airlangga Pasang Tarif Tes Korona? Hoaks
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto bahwa RSU Airlangga memasang tarif harga untuk pemeriksaan covid-19 adalah salah. Pihak RSU Airlangga menyebut informasi tersebut adalah palsu alias hoaks.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 

Referensi:
https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/hoax-tarif-tes-corona-direktur-rs-unair-tetap-ikuti-kebijakan-pemerintah/
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif