Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto Jokowi Beri Isyarat Siap Memimpin Tiga Periode? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 29 Oktober 2020 18:47
Beredar foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat tiga jarinya. Diklaim, Jokowi memberikan isyarat bahwa dirinya akan memimpin sebagai presiden hingga tiga periode.
 
Akun Facebook Bianca Josephin Gunawan membagikan foto itu pada Sabtu, 24 Oktober 2020. Hingga tangkapan layar diambil, unggahan foto itu sudah mendapat banyak reaksi warganet, terdiri dari 971 reaksi emoji, 338 komentar, 16 kali dibagikan ulang.
 
Akun itu juga menambahkan keterangan pada unggahan fotonya, bertuliskan sebagai berikut:


"Kode keras!
Antek Arab Jokowi siap memimpin Indonesia Tiga Periode.
Kadrun siap siap bunuh diri massal ????"


[Cek Fakta] Beredar Foto Jokowi Beri Isyarat Siap Memimpin Tiga Periode? Cek Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Presiden Jokowi memberikan kode isyarat siap memimpin hingga tiga periode adalah salah. Faktanya, foto tersebut memperlihatkan Presiden Jokowi memberi isyarat setelah menyampaikan pidato kemenangannya dalam Pilpres 2014, di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Melalui reverse image, foto identik ditemukan pada situs Wall Street Journal pada artikel berjudul "Joko Widodo Wins Indonesia Presidential Election" dimuat pada 22 Juli 2014. Foto Joko Widodo mengangkat tiga jari adalah milik agensi berita Perancis, AGENCE FRANCE-PRESSE (AFP).
 
Artikel itu terkait pengumuman KPU yang menetapkan Jokowi sebagai Presiden dalam pemilihan presiden 2014. "Gubernur Jakarta Joko Widodo dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden Indonesia, mengakhiri minggu ketidakpastian setelah pertarungan sengit di negara Asia Tenggara. Bapak Widodo, mantan eksportir furnitur dan walikota yang tiba di kancah nasional dengan kemenangan mengejutkan dalam pemilihan gubernur Jakarta pada tahun 2012, akan memimpin negara berpenduduk 250 juta pada bulan Oktober, " tulis Wall Street Journal dalam laporannya.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Jokowi Beri Isyarat Siap Memimpin Tiga Periode? Cek Faktanya
 

Foto serupa juga dimuat Time, melalui artikel berjudul "With the Election of Joko Widodo, Indonesia Writes a New Chapter" dimuat pada 23 Juli 2014. Artikel itu juga terkait kemenangan Jokowi.
 
"Presiden terpilih Indonesia Joko Widodo memberi isyarat setelah menyampaikan pidato kemenangannya di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta" tulis Time dalam keterangan foto itu.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Jokowi Beri Isyarat Siap Memimpin Tiga Periode? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Jokowi memberikan kode isyarat siap memimpin hingga tiga periode adalah salah. Faktanya, foto tersebut memperlihatkan Presiden Jokowi memberi isyarat setelah menyampaikan pidato kemenangannya dalam Pilpres 2014, di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Jokowi Beri Isyarat Siap Memimpin Tiga Periode? Cek Faktanya
 

 
Referensi:
https://www.wsj.com/articles/indonesia-vote-tally-shows-widodo-wins-1406016742
https://time.com/3020999/indonesia-joko-widodo-jokowi-declared-president/
https://archive.md/YYaaV
 

 
*Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif