Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Bongkar Rencana Kudeta SBY? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 21 Juli 2021 11:51
Beredar sebuah video dengan narasi judul Presiden Joko Widodo membongkar rencana kudeta Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono. Video beredar di youtube.
 
Kanal youtube SKEMA POLITIK membagikan video ini pada 17 Juli 2021. Video berjudul "MEN9EJUTKAN!!NIAT BUSVK SBY T3RBONGKAR ~ BERITA TERBARU" telah ditonton 49 ribu orang.
 
Dalam halaman sampul video tersebut, tampak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menurunkan tas dari SBY. Terdapat narasi sebagai berikut. "Niat Kudeta Terbongkar Jokowi Matikan Langkah SBY"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Jokowi Bongkar Rencana Kudeta SBY? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Jokowi membongkar rencana kudeta SBY adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait hal tersebut.
 
Dari video berdurasi 10 menit 5 detik itu, tidak ada informasi atau narasi seperti klaim dalam judul video tersebut.
 
Foto Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama SBY dalam halaman sampul video tersebut diketahui hasil suntingan. Foto keduanya berada di lokasi dan peristiwa yang berbeda.
 
Dari penelusuran kami, foto Panglima TNI yang diklaim dalam video tersebut adalah peristiwa saat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melantik tiga Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI sekaligus melantik pimpinannya pada Jumat, 27 September 2019.
 
Foto tersebut dimuat dalam artikel berjudul "Indonesia appoints chiefs for 3 new defence commands" yang dimuat di situs straitstimes.com pada 28 September 2019.
 
[Cek Fakta] Jokowi Bongkar Rencana Kudeta SBY? Ini Faktanya
 
Sementara foto SBY yang dklaim dalam halaman sampul video tersebut adalah peristiwa saat SBY yang saat itu masih menjabat kepala negara melakukan inspeksi pasukan yang dikirim untuk memadamkan kebakaran hutan di Sumatra di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusumah pada 25 Juni 2013.
 
Dalam foto tersebut SBY mencoba ransel milik prajurit marinir. Foto ditemukan dalam artikel foto di tempo.co berjudul "SBY Siaga Kebakaran Hutan".
 
[Cek Fakta] Jokowi Bongkar Rencana Kudeta SBY? Ini Faktanya

 
Kesimpulan:
Klaim Jokowi membongkar rencana kudeta SBY adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait hal tersebut.
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Jokowi Bongkar Rencana Kudeta SBY? Ini Faktanya
 
Referensi:
1.https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/indonesia-appoints-chiefs-for-3-new-defence-commands
2.https://foto.tempo.co/read/7726/sby-siaga-kebakaran-hutan#foto-4
3.https://www.youtube.com/watch?v=rGUXvcXRirw
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif