Tangkapan layar pemberitaan palsu mencatut Kementerian Agama
Tangkapan layar pemberitaan palsu mencatut Kementerian Agama

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Surat Bantuan Pesantren Rp30 Juta dari Kemenag Tertanggal 13 September 2021? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 23 September 2021 17:19
Beredar sebuah surat yang diklaim berasal dari Kementerian Agama tekait bantuan untuk pesantren. Pada surat mencatut nama Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren).
 
Surat bernomor B-2563/DJ.I/Dt.I.V/HM.13/09/2021 tertanggal 13 September 2021 itu, ditujukan diantaranya kepada pimpinan ormas/asosiasi pesantren dan pendidikan keagamaan Islam dan Kepala Kanwil Kemenag. Surat itu berisi tentang Penerima Bantuan Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2021 Periode II sejumlah Rp 30 juta.
 
Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Beredar Surat Bantuan Pesantren Rp30 Juta dari Kemenag Tertanggal 13 September 2021? Cek Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim adanya surat dari Kemenag tentang bantuan kepada setiap pesantren sebesar Rp30 juta adalah salah. Faktanya, informasi dalam surat yang beredar telah dibantah pihak Kemenag.
 
Direktur PD Pontren Waryono memastikan bahwa surat yang beredar tersebut tidak benar alias hoaks. Dia menerangkan, secara teknis administratif, penulisan surat tersebut juga tidak sesuai standar. Bahasa yang digunakan membingungkan dan formatnya juga tidak sebagaimana mestinya.

"Itu surat palsu. Informasinya tidak benar dan menyesatkan, alias hoaks. Kalau ada para pihak yang menerima surat tersebut, agar diabaikan saja. Atau, silakan konfirmasi ke Kankemenag Kab/Kota terdekat," kata Waryono di Jakarta, Jumat 17 September 2021 seperi dilansir Okezone


 
Waryono menambahkan, pihaknya memang tengah menggulirkan program bantuan untuk pesantren dan pendidikan keagamaan Islam. Namun, pengajuan proposal bantuan tersebut sudah ditutup pada 10 September 2021.
 
Informasi seputar bantuan pesantren bisa diakses melalui melalui aplikasi layanan bantuan pada laman https//:ditpdpontren.kemenag.go.id/layanan/
 

Kesimpulan:
Klaim adanya surat dari Kemenag tentang bantuan kepada setiap pesantren sebesar Rp30 juta adalah salah. Faktanya, informasi dalam surat yang beredar telah dibantah pihak Kemenag.
 
Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 

[Cek Fakta] Beredar Surat Bantuan Pesantren Rp30 Juta dari Kemenag Tertanggal 13 September 2021? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://nasional.okezone.com/berita/337-2473210/beredar-edaran-bantuan-penerima-bantuan-pesantren-kemenag-pastikan-tak-benar
https://ditpdpontren.kemenag.go.id/layananbantuan/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif