Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Megawati Potong Tumpeng di Atas Meja Berlogo PKI? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 29 Mei 2020 14:57
Beredar sebuah foto memperlihatkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI. Foto ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Jarjit Khan yang turut mengunggah foto ini pada Jumat 29 Mei 2020. Dalam gambar itu seolah-olah PKI kembali muncul ke permukaan publik.
 
"Nah lo," tulis akun Jarjit Khan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 51 emotikon, 233 komentar dan 7 kali dibagikan.
[Cek Fakta] Megawati Potong Tumpeng di Atas Meja Berlogo PKI? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto memperlihatkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI, adalah salah. Faktanya, foto itu kabar bohong lama yang kembali muncul di tengah masyarakat.
 
Merujuk situs cek fakta Turnbackhoax.id, foto ini sempat beredar pada awal 2017. Foto ini dipastikan editan.
 
"Menurut penelusuran Fanpage Indonesian Hoaxes, foto Presiden Joko Widodo dan Mantan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri memotong tumpeng di atas meja berlogokan PKI adalah rekayasa foto," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya pada Senin 20 Februari 2017.
 

[Cek Fakta] Megawati Potong Tumpeng di Atas Meja Berlogo PKI? Ini Faktanya
 

Dilansir satuharapan.com, foto itu merupakan momen perayaan ulang tahun ke-41 PDIP di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat 10 Januari 2014. Megawati melakukan pemotongan tumpeng dan dibagi-bagikan kepada sejumlah tokoh PDIP.
 
Di antaranya Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu belum menjadi Presiden RI, Puan Maharani, dan Tjahjo Kumolo. Berikut keterangan foto selengkapnya:
 
PDI Perjuangan Gelar Ulang Tahun Ke 41
 
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merayaan Hari Ulang Tahun partai Ke-41 pada Jumat (10/1) di Kantor DPP PDI Perjuangan Jalan Raya Lenteng Agung 99, Jakarta dengan memotong tumpeng.
 
Megawati Soekarnoputri meminta kepada seluruh kader untuk fokus mengantarkan PDIP menjadi pemenang Pemilu Legislatif 2014 atau memperoleh suara minimal 20 persen.
 
Kader PDI Perjuangan yang hadir termasuk Joko Widodo, Sekjen Tjahyo Kumolo, dan Ketua Harian BP Pemilu Puan Maharani disamping Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri.

 

[Cek Fakta] Megawati Potong Tumpeng di Atas Meja Berlogo PKI? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto memperlihatkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI, adalah salah. Faktanya foto itu kabar bohong lama yang kembali muncul di tengah masyarakat.
 
Informasi ini masuk kategorimanipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
1.https://turnbackhoax.id/2017/02/20/hoax-foto-jokowi-dan-megawati-potong-tumpeng-di-atas-meja-berlambang-pki/
2.https://www.satuharapan.com/read-detail/read/pdi-perjuangan-gelar-ulang-tahun-ke-41
 
*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif