Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Kabar Jokowi Siap Pindah Jadi Warga Negara Singapura Jika Lengser Hoaks, Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 22 Mei 2020 13:06
Akun Facebook Yasser Akbar Yusuf mengunggah tangkapan layar berisi artikel daring berjudul "Jokowi Dikabarkan Siap Pindah Jadi Warga Negara Singapura Jika Lengser, Ini Tanggap…” pada Senin, 18 Mei 2020. Pada artikel itu, terdapat foto Jokowi mengenakan kemeja putih.
 
Pemilik akun juga menambahkan keterangan pada tautan artikel tersebut bertuliskan: "Setujukah kalian guys jika pak Jokowidodo dan pak Ma'Ruf Amin itu dengan Secepatnya itu juga akan di lengser kan itu nih guys, ha? Guys. Kalo saya sih sangat setuju nih guys bagaimana dengan dengan kalian nih guys ha? Guys."
 

[Cek Fakta] Kabar Jokowi Siap Pindah Jadi Warga Negara Singapura Jika Lengser Hoaks, Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Presiden Jokowi siap pindah menjadi warga negara Singapura jika lengser adalah keliru. Isu tersebut pernah muncul pada Mei 2019 pada masa Pilpres 2019. Melalui reverse image, foto yang diunggah akun Facebook Yasser Akbar Yusuf berasal dari situs presidenri.go.id, milik Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (BPMI Setpres). Foto tersebut diambil pada Senin, 6 April 2020, pada saat Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) untuk mendengarkan dan membahas laporan Tim Gugus Tugas covid-19 melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta. Pada ratas itu, Presiden Jokowi menginginkan kecepatan dalam pencegahan dan penanganan covid-19.
 

[Cek Fakta] Kabar Jokowi Siap Pindah Jadi Warga Negara Singapura Jika Lengser Hoaks, Ini Faktanya
 

Isu Presiden Jokowi akan mengganti status kewarganegaraanya muncul pada Mei 2019, saat dirinya menjadi calon presiden RI nomor urut 01 untuk periode kedua. Tribunnewsbogor.com, pernah mengangkat isu tersebut melalui artikel berjudul "Jokowi Widodo disebut-sebut akan pindah ke Singapura jika sudah lengser dari kursi Presiden RI". Dalam artikel itu, kedua anak Jokowi memberikan tanggapan degan nada candaan.
 
Selain itu, merujuk pemberitaan di berbagai media arus utama, tidak ada ditemukan pernyataan Presiden Jokowi akan mengganti status kewarganegaraannya seperti klaim akun Facebook Yasser Akbar Yusuf.
 

[Cek Fakta] Kabar Jokowi Siap Pindah Jadi Warga Negara Singapura Jika Lengser Hoaks, Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Jokowi siap pindah menjadi warga negara Singapura jika lengser adalah keliru. Isu tersebut pernah muncul pada Mei 2019 dan ditanggapi santai oleh kedua anak Presiden Jokowi, Gibran dan Kaesang.
 
Informasi yang beredar melalui video tersebut masuk dalam kategori hoak jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://www.presidenri.go.id/foto/presiden-terima-laporan-tim-gugus-tugas-covid-19/
https://bogor.tribunnews.com/2019/05/04/jokowi-disebut-akan-menetap-di-singapura-setelah-lengser-gibran-dan-kaesang-beri-komentar-manja
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif