Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

[HOAKS] Jokowi Ancam Pecat Prabowo karena Kalah Pamor

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 25 November 2019 16:00
Beredar di media sosial kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan memecat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Alasan pemecatan, karena Jokowi kalah pamor dengan Prabowo.
 
Informasi itu dibagikan akun Rana O'neil dengan unggahan foto hasil tangkapan layar (screenshot) dari sebuah video di Youtube. Terlihat pada thumbnail foto itu, terdapat narasi bertuliskan "JOKOWI KALAH PAMOR PRABOWO TERANCAM DICOPOT".
 
Foto yang diunggah pada Minggu 24 November 2019 itu, sudah mendapat 227 reaksi, 176 komentar, dan 59 kali dibagikan. Pemilik akun juga menambahkan keterangan bertuliskan:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
SUNGGUH MIRIS PEMERINTAH ZAMAN NOW
BAGAIMANA TANGGAPAN SAUDARA SEBAGAI RAKYAT NKRI,,,???
SEPERTINYA KEJUJURAN AKAN HILANG DI TUBUH PEMERINTAHAN,

[HOAKS] Jokowi Ancam Pecat Prabowo karena Kalah Pamor
 

 
Penelusuran:
Setelah dilakukan penelusuran Tim Cek Fakta Medcom.id, foto tersebut berasal dari gambar thumbnail dari video yang diunggah channel YouTube FAKTA DUNIA, berjudul "JOKOWI ANCAM PECAT PRABOWO, INI ALASANNYA", tayang pada Sabtu 23 November 2019.
 
Di dalam video berdurasi 11 menit 3 detik itu, berisi komentar Juru Bicara Istana Fadjroel Rachman terkait menteri di Kabinet Indonesia Maju akan dicopot jika tak serius bekerja. Di dalam video, pengisi suara membaca narasi yang berasal dari artikel Tribunnews.com, berjudul "Jubir Istana Fadjroel Rachman Pastikan Prabowo Subianto Dicopot dari Menhan oleh Jokowi Jika", dan artikel dari Tempo berjudul "Prabowo Dorong Pemerintah Ghana Beli Alutsista Buatan Indonesia".
 
Padahal, pada artikel Tribunnews.com, tidak ditemukan kutipan atau kalimat yang menyatakan alasan Jokowi akan memecat Prabowo karena kalah pamor.
 

Kesimpulan:
Klaim yang menyebut Jokowi memecat Prabowo karena kalah pamor adalah hoaks. Penyebar berita bohong menambahkan narasi yang tidak memiliki dasar.
 
Berita bohong di atas masuk dalam kategori Misleading Content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
https://makassar.tribunnews.com/2019/11/23/jubir-istana-fadjroel-rachman-pastikan-prabowo-subianto-dicopot-dari-mennah-oleh-jokowi-jika
https://bisnis.tempo.co/read/1274879/prabowo-dorong-pemerintah-ghana-beli-alutsista-buatan-indonesia
 

Sumber:
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1401921109984971&set=gm.442967586631075&type=3&theater&ifg=1
https://www.youtube.com/watch?v=EWDs-yQbwvw
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif