Tangkapan layar informasi di media sosial
Tangkapan layar informasi di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Megawati Disebut Biayai Penusukan Syekh Ali Jaber? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 20 September 2020 11:13
Beredar narasi bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri membiayai penusukan pemuka agama Syekh Ali Jaber. Narasi ini beredar di media sosial.


"Atas dasar pengakuan si pelaku penusukan syeh ali jaber itu telah di biyayai oleh megawati dan sekutu nya."


Adalah akun facebook Deniek yang turut mengunggah sebuah tangkapan layar berisi narasi tersebut. Berikut narasi selengkapnya:


"Atas dasar pengakuan si pelaku penusukan syeh ali jaber itu telah di biyayai oleh megawati dan sekutu nya PKI di blakang nya terbongkar sudah semua nya
bahwa megawati berencana untuk menghabisi para alim ulama kiyai ustad penda'i di indonesia ini … kita harus bela ulama untuk memerangi mereka komunis PKI megawati … laktatullah."


Pada tangkapan layar itu juga tampak sebuah gambar seperti thumbnail video di Youtube. Video itu berjudul "[T E R K U A K ] Ini Tokoh Yang Membiayai Alfin Untuk Mènìkàm Syekh Ali Jaber".
 

[Cek Fakta] Megawati Disebut Biayai Penusukan Syekh Ali Jaber? Ini Faktanya
 

Akun facebook Deniek ini mengabarkan bahwa ada akun facebook lain yang membuat sebuah postingan. Kemudian akun tersebut hilang.


"Kadrun bikin berita lsg viral skrg lari terbirit birit akunnya lsg hilang ????????
https://m.facebook.com/story.php...," tulis akun Deniek, , Jumat 18 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Megawati Disebut Biayai Penusukan Syekh Ali Jaber? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri membiayai penusukan pemuka agama Syekh Ali Jaber, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi terkait informasi tersebut.
 
Dilansir Turnbackhoax.id, klaim itu merupakan konten yang menyesatkan. Pasalnya, tidak ditemukan pengakuan dari pelaku penusukan Syekh Ali Jaber bahwa ia dibiayai Megawati dari video tersebut dan pemberitaan media.


"Tidak terdapat pengakuan dari pelaku penusukan Syekh Ali Jaber bahwa ia dibiayai oleh Megawati dan PKI di video yang disertakan dalam unggahan itu," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya, Sabtu 19 September 2020.


Sementara itu, video yang berjudul "[T E R K U A K] Ini Tokoh Yang Membiayai Alfin Untuk Mènìkàm Syekh Ali Jaber" diunggah channel Youtube Dakwah Islam pada Senin 14 September 2020. Namun pada video berdurasi 11 menit 5 detik itu tidak ditemukan pernyataan bahwa tokoh yang membiayai penusukan tersebut adalah Megawati.
 

[Cek Fakta] Megawati Disebut Biayai Penusukan Syekh Ali Jaber? Ini Faktanya
 

Pula situs Tempo.co juga menelusuri video tersebut. Dari penelusuran itu tidak ditemukan pernyataan terkait tokoh yang membiayai penusukan Syekh Ali Jaber.


"Dalam video yang digunakan untuk menyebarkan klaim itu, tidak terdapat pengakuan dari Alfin bahwa ia dibiayai oleh Megawati dan PKI," tulis Tempo.co dalam laporannya pada Jumat 18 September 2020.


Di sisi lain, pihak kepolisian terus menyelidiki kasus penusukan dengan tersangka berinisial AA. Pada Kamis 17 September 2020 lalu, pihak kepolisian merampungkan proses rekonstruksi kasus penusukan terhadap Syekh Ali Jaber.
 
Juru Bicara Polda Lampung, Zahwani Pandra Arsyad mengatakan tersangka AA mengakui perbuatannya. Tersangka melakukan penusukan lantaran ada perasaan tidak tenang ketika melihat tayangan ceramah Syekh Ali Jaber.


"Ibarat kalau ada pendeta normalnya merasa damai. Kalau dapat sesuatu dari ulama kita tentram. Dia [pelaku] melihat tayangan [ceramah Syekh Ali Jaber] bergejolak di hati dan sampai kebawa mimpi," tulis BBC News Indonesia dalam lapoprannya, Jumat 18 September 2020.


Pandra menambahkan, sejauh ini tidak ditemukan peran pihak lain dalam penusukan Syekh. Tersangka melakukan aksinya seorang diri dan tidak ada pihak lain yang menyuruh.
 

[Cek Fakta] Megawati Disebut Biayai Penusukan Syekh Ali Jaber? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri membiayai penusukan pemuka agama Syekh Ali Jaber, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi terkait informasi tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Megawati Disebut Biayai Penusukan Syekh Ali Jaber? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2020/09/19/salah-pengakuan-si-pelaku-penusukan-syeh-ali-jaber-itu-dibiayai-oleh-megawati-dan-sekutunya-pki/
https://www.youtube.com/watch?v=rZKAAmjmqlM
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1015/fakta-atau-hoaks-benarkah-pelaku-penusukan-syekh-ali-jaber-mengaku-dibiayai-megawati-dan-pki
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-54194113
https://archive.md/u5506
https://archive.md/aF4Fd
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif