Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] PDIP Menyuruh Orang untuk Membakar Benderanya Sendiri? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 01 Juli 2020 14:48
Akun Facebook Laki mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seorang pemuda berkaos hitam tengah diinterogasi. Diklaim, pria dalam video yang beredar dibayar oleh PDIP untuk membakar bendera partai berlogo kepala banteng.
 
Pemilik akun mengunggah video tersebut pada Senin, 29 Mei 2020. Pada video itu terdapat narasi "PDIP menyeruh orang untuk membakar bendera PDIP..". Pula, akun tersebut juga menambahkan narasi pada video sebagai berikut:
 
"Nemu vidio di pos di grup
Apa ini bener ??? Kalo bener .. K napa pdi p segitunya kalo bikin sekenario ..
apa ini sama dg mobil smk dan foto di lobang got.."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] PDIP Menyuruh Orang untuk Membakar Benderanya Sendiri? Cek Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa PDIP menyuruh orang untuk membakar bendera partainya sendiri adalah salah. Faktanya, pria dalam video yang beredar adalah perusak Balio bergambar Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, di Pekanbaru.
 
Dilansir turnbackhoax.id, melalui padanan gambar, ditemukan gambar identik pada kanal Youtube Tribunnews.com, melalui video berjudul "Video Pelaku Perusakan Atribut Demokrat Ditangkap dan Mengaku Diperintah PDIP, Hasto Beri Tanggapan". Video itu di muat pada 15 Desember 2018.
 

[Cek Fakta] PDIP Menyuruh Orang untuk Membakar Benderanya Sendiri? Cek Faktanya
 

Pula, dilansir Detik.com melalui artikel berjudul “Ini Tampang Pelaku Perusak Balio SBY di Pekanbaru” dimuat pada 15 Desember 2018, pelaku perusakan baliho penyambutan SBY hingga atribut Partai Demokrat di Pekanbaru, Riau, sudah diamankan oleh pihak berwajib. Pemuda itu bernama Heryd Swanto berusia 22 tahun.
 
Heryd Swanto diamankan di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Sabtu 15 Desember 2018, sekitar pukul 01.45 WIB. Dari lokasi polisi menyita sejumlah barang bukti berupa tiang bambu dan kayu, potongan sobekan baliho dan pisau cutter.
 

[Cek Fakta] PDIP Menyuruh Orang untuk Membakar Benderanya Sendiri? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video bahwa PDIP menyuruh orang untuk membakar bendera partainya sendiri adalah salah. Faktanya, pria dalam video yang beredar adalah perusak Baliho bergambar Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, di Pekanbaru.
 
Informasi ini jenis hoaks Misleading Content. Initer jadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=ICNFlyVqIBk
https://news.detik.com/berita/d-4345245/ini-tampang-pelaku-perusak-baliho-sby-di-pekanbaru
https://turnbackhoax.id/2020/06/29/salah-video-pdip-menyuruh-orang-untuk-membakar-bendera-pdip/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif