Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Lady Gaga Mengaji Surat Ad-Dhuha? Begini Faktanya

Medcom Files lady gaga alquran hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 07 Desember 2021 17:41
Beredar video yang diklaim memperlihatkan penyannyi asal Amerika Serikat Lady Gaga sedang melantunkan ayat dalam Alquran surat Ad-Dhuha. Video ini beredar di YouTube.
 
Saluran YouTube Qur’an Channel membagikan video itu pada 27 Agustus 2021. Pada video yang beredar, terlihat seorang wanita berkaca mata dan berambung pirang sedang melantunkan Alquran.

"Lagy Gaga, Baca Alqur'an Surah Ad-Dhuha" judul video yang beredar.


Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Video Lady Gaga Mengaji Surat Ad-Dhuha? Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperliahtkan penyannyi Lady Gaga melantunkan ayat Alquran surat Ad-Dhuha adalah salah. Faktanya, wanita dalam video yang beredar tersebut bukan Lady Gaga. Tim Cek Fakta Medcom.id sudah pernah memeriksa video yang sama pada 15 November 2019. Dari hasil pengecakan fakta, wanita dalam video adalah penyanyi Tunisia bernama Sofia Sadek. Video aslinya berasal dari saluran YouTube sebuah stasiun radio pada bulan September 2016.
 
Artikel berbahasa Arab di situs web surat kabar Mesir Al-Masry Al-Youm tertanggal 11 April 2019, dan laporan 3 April di egysaudi.com, memuat foto-foto Sadek dalam laporan tentang kontroversi atas penampilannya dalam program radio.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperliahtkan penyannyi Lady Gaga melantunkan ayat Alquran surat Ad-Dhuha adalah salah. Faktanya, wanita dalam video bukan Lady Gaga.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Video Lady Gaga Mengaji Surat Ad-Dhuha? Begini Faktanya
 

 
Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2ARRrN-hoaks-lady-gaga-melantunkan-ayat-alquran-ini-faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif