Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Ribuan Alquran Dibakar Rezim Tiongkok? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 16 Januari 2020 17:17
Tersebar di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan tumpukan Alquran yang berceceran di atas tanah. Disebutkan tumpukan alquran itu dibakar oleh Tiongkok.
 
Akun Facebook Yed Felistinesia membagikan foto tersebut pada Jumat 10 Januari 2020. Hingga saat ini, unggahan foto sudah dibagikan sebanyak lebih dari 9,6 ribu kali, mendapatkan seribu respons, dan 406 komentar. Pemilik akun juga menambahkan narasi pada unggahan foto tersebut bertuliskan:
 
"Cina membakar Al-Quran,kitab kitab agama, karpet, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Islam di Turkestan Timur!
Ketika Al-Qur'an dibakar di Eropa, dunia bangkit dan semua orang tahu. Adapun Turkestan Timur, ribuan Al-Qur'an terbakar dan tidak ada yang menyesalinya.
Bagikan dan sebarkan kejahatan komunis Tiongkok terhadap Muslim ????????
".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Ribuan Alquran Dibakar Rezim Tiongkok? Ini Faktanya
Penelusuran:
Setelah ditelusuri oleh tim cek fakta, klaim pada foto tersebut bahwa tumpukan alquran dibakar oleh Tiogkok adalah salah. Dua gambar tumpukan alquran yang diunggah akun facebook Yed Felistinesia ternyata berasal dari beberapa website.
 
Salah satunya situs ifpnews.com yang mengunggah foto yang sama pada artikel berjudul "Qurans Put in Garbage by Saudi Embassy in Morocco Cause Fury". Artikel yang diunggah pada 4 Oktober 2016 itu, menjelaskan gambar tersebut ialah tumpukan alquran dan buku agama yang sudah rusak lantaran terkena hujan deras.
 
Menurut pengakuan pihak Kedubes Arab Saudi mushaf-mushaf Alquran dan buku-buku agama tersebut sebelumnya disimpan di ruang khusus bawah tanah Kedubes Arab Saudi di Maroko. Namun tempat penyimpanan mushaf Alquran dan buku-buku agama rusak lantaran terkena hujan.
 
Pihak kedubes meminta para pegawai dan pekerja supaya memindahkan semua mushaf dan buku tersbeut ke tempat yang aman serta lantas dibakar. Akan tetapi, para pekerja tersebut malah memindahkannya ke tempat pembuangan sampah dan enggan membakarnya.
 

[Cek Fakta] Ribuan Alquran Dibakar Rezim Tiongkok? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto tersebut bahwa tumpukan alquran dibakar oleh Tiongkok adalah salah. Tumpukan Alquran dan buku agama tersebut telah rusak terkena banjir di Gedung Kedutaan Besar Arab Saudi di Maroko.
 
Informasi tersebut masuk dalam informasi hoaks kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi :
https://ifpnews.com/qurans-put-garbage-saudi-embassy-morocco-cause-fury
https://id.shabestan.ir/detail/News/25932
 

Sumber:
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=2757932417579574&set=pcb.2757597470946402&type=3&theater
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif