Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Gubernur Papua Lukas Enembe Kabur ke Papua Nugini karena Diburu KPK? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 03 April 2021 13:32
Beredar sebuah informasi yang menyebutakn Gubernur Papua Lukas Enembe kabur ke Papua Nugini secara ilegal. Ini dilakukan untuk menghindari pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
Akun facebook Tarup membagikan informasi ini pada 2 Maret 2021. Dalam unggahannya memberikan kutipan "Lukas enembe kabur Melanggar UU Imigrasi Nomor 6 tahun 2011"
 
[Cek Fakta] Gubernur Papua Lukas Enembe Kabur ke Papua Nugini karena Diburu KPK? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Gubernur Papua Lukas Enembe kabur ke Papua Nugini secara ilegal untuk menghindari pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah salah. Faktanya, Lukas Enembe masuk ke Papua Nugini untuk berobat. Dilansir detik.com, Lukas Enembe mengakui telah memasuki Vanimo, Papua Nugini (PNG), melalui jalan tikus atau setapak. Lukas mengaku kepergiannya itu untuk berobat.
 
"Memang benar saya ke Vanimo (Rabu, 31/3) melalui jalan setapak dengan menggunakan ojek untuk berobat," kata Lukas seperti dilansir Antara, Jumat, 2 Maret 2021.
 
Lukas mengakui kesalahannya karena telah masuk secara ilegal ke Papua Nugini melalui jalan tikus dan kembali lagi ke Jayapura pada Jumat, 2 Maret 2021 sekitar pukul 11.30 WIT melalui Pos Lintas Batas Nevada (PLBN) Skouw. Dia mengaku terpaksa mendatangi Papua Nugini secara ilegal karena sakit yang dideritanya.
 
"Saya memang salah karena masuk ke PNG melalui jalan tradisional atau jalan setapak. Namun itu dilakukan karena terpaksa, yakni untuk berobat dan terapi akibat sakit yang saya alami," katanya.
 
[Cek Fakta] Gubernur Papua Lukas Enembe Kabur ke Papua Nugini karena Diburu KPK? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Gubernur Papua Lukas Enembe kabur ke Papua Nugini secara ilegal untuk menghindari pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah salah. Faktanya, Lukas Enembe masuk ke Papua Nugini untuk berobat.
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Gubernur Papua Lukas Enembe Kabur ke Papua Nugini karena Diburu KPK? Ini Faktanya
 

Referensi:
1.https://news.detik.com/berita/d-5517794/imigrasi-papua-lukas-enembe-dideportasi-pemerintah-papua-nugini/1
2.https://archive.fo/d0swq
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif