Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Berkunjung ke AS, Luhut Menasehati Trump Agar Move On? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 23 November 2020 11:07
Beredar tautan berita yang menyebutkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dalam pertemuan tersebut, Luhut menasehati Trump untuk move on dari kekalahannya di Pilpres AS.
 
Akun facebook atas nama Kris membagikan tautan berita ini pada 19 November 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi.

"Sing nulis mendem gadhung.
Sejak dulu aku ada keinginan menuangkan pikiran ke media massa, tapi juga ada dorongan untuk menjauhi dunia komunikasi massa."

[Cek Fakta] Berkunjung ke AS, Luhut Menasehati Trump Agar <i>Move On</i>? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Luhut menasehati Trump adalah salah. Faktanya, kunjungan Luhut ke AS bertemu Trump untuk menyampaikan salam, terima kasih, dan penghargaan dari Presiden Jokowi atas dukungan Presiden Trump terhadap kerja sama RI-AS selama ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dari penelusuran kami, narasi dalam tautan berita tersebut masuk dalam kolom humor. Semua narasi di dalamnya adalah fiktif. Dilansir dari republika.co.id, Luhut bertandang ke AS sebagai utusan khusus Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) Muhammad Lutfi. Sementara Trump didampingi oleh penasihatnya Jared Kushner dan Ivanka Trump serta CEO US IDFC Adam Boehler.
 
Luhut menyampaikan salam, terima kasih, dan penghargaan dari Presiden Jokowi atas dukungan Presiden Trump terhadap kerja sama RI dan AS selama ini. Ucapan terima kasih juga dikirimkan secara khusus untuk pemberian fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) oleh United States Trade Representative (USTR) kepada Indonesia.
 
Sebaliknya, Presiden Trump juga menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo atas kerja sama selama ini. Trump juga menyampaikan penilaian positif atas peningkatan hubungan ekonomi kedua negara selama ini.
 
"Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga. Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti," kata Luhut.
 
[Cek Fakta] Berkunjung ke AS, Luhut Menasehati Trump Agar <i>Move On</i>? Ini Faktanya
 
Dilansir dari Medcom.id, Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Indonesia menyepakati pendanaan infrastruktur dan perdagangan senilai USD750 juta atau Rp10,5 triliun (kurs Rp14 ribu per USD). Kesepakatan tersebut terjalin setelah Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Indonesia Luhut Pandjaitan menemui Presiden AS Donald Trump.
 
Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk AS Muhammad Lutfi mengatakan nota kesepahaman ini menegaskan komitmen kedua negara untuk memperkuat kerja sama ekonomi khususnya di bidang pendanaan pembangunan investasi dan perdagangan. Jumlah investasi saat ini meningkat dari sebelumnya sebesar USD500 juta pada 2017-2018.
 
[Cek Fakta] Berkunjung ke AS, Luhut Menasehati Trump Agar <i>Move On</i>? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Luhut menasehati Trump adalah salah. Faktanya, kunjungan Luhut ke AS bertemu Trump untuk menyampaikan salam, terima kasih, dan penghargaan dari Presiden Jokowi atas dukungan Presiden Trump terhadap kerja sama RI-AS selama ini.
 
Informasi ini jenis hoaks Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
[Cek Fakta] Berkunjung ke AS, Luhut Menasehati Trump Agar <i>Move On</i>? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/ZkeYQG7k-usai-bertemu-trump-luhut-bawa-pulang-rp10-5-triliun?utm_source=newsstand&utm_medium=newsstand&utm_campaign=newsstand
2.https://republika.co.id/berita/qjz55f484/luhut-pandjaitan-bertemu-presiden-trump-di-white-house
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif