Sebaran video hoaks di media sosial/Medcom.id
Sebaran video hoaks di media sosial/Medcom.id

[Hoaks] Bayi Ini Memakan Usus Ibunya

Medcom Files Cek Fakta
Sobih AW Adnan • 28 November 2019 16:40
Tersiar kabar di media sosial, termasuk di grup-grup percakapan Whatsapp sebuah video berdurasi 22.06 menit berisi rekaman bayi tergeletak dengan kondisi kulit mengalami kelainan.
 
Dalam sebaran video itu disertai narasi bahwa bayi tersebut telah memakan usus dalam perut ibunya.
 
Berikut deskripsi lengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Bayi ini 11 bln dlm perut ibunya.
Habis usus ibunya dimakan oleh Bayi ini, kemudian dokter mengoprasi ibunya untuk mengeluarkan Bayi ini... Ketika Bayi ini keluar, dia gigit tangan perawat... Setelah 3 jam si Perawat meninggal, IBU Bayi ini pun meninggal setelah Bayi ini keluar... Bayi ini lahir dgn berat 8 kg, setelah 3 jam bertambah naik beratnya menjadi 13 kg... Bayi ini lahir hari jumat, tidak tahu Allah ingin kasi peringatan apa untuk kita semua... Bayi ni kemudian dibunuh, dokter memberinya suntik mematikan sampai 17 kali baru bayi ini mati... Ini kisah benar-benar terjadi di India.. [Hoaks] Bayi Ini Memakan Usus Ibunya

 
Penelusuran:
Setelah ditelusuri, informasi mengenai bayi yang memakan usus ibunya itu adalah hoaks. Kondisi bayi yang tampak memiliki kelainan itu karena mengalami penyakit harlequin ichthyosis.
 
Mengutip situs resmi referensi genetika Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Genetics Home Reference, harlequin ichthyosis merupakan kelainan genetik parah yang terutama menyerang kulit. Bayi dengan kondisi ini dilahirkan dengan kulit yang sangat keras dan tebal menutupi sebagian besar tubuhnya. Kulit membentuk piring besar berbentuk berlian yang dipisahkan oleh retakan yang dalam. Kelainan kulit ini memengaruhi bentuk kelopak mata, hidung, mulut, dan telinga, serta membatasi pergerakan lengan dan kaki. Pergerakan dada yang terbatas dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan gagal napas.
 
[Hoaks] Bayi Ini Memakan Usus Ibunya
 
Meski penyakit langka, harlequin ichthyosis bisa menyerang kelompok etnis apa pun.
 
Mengutip laporan BBC dalam artikel bertajuk "Baby with rare skin condition abandoned at Italian hospital" yang tayang pada 6 November 2019, harlequin ichthyosis diakibatkan dari gen yang salah dikatakan bisa mempengaruhi satu dari sejuta.
 
"Ini memengaruhi laju regenerasi kulit, yang berarti sel-sel kulit kering yang lama membutuhkan waktu lebih lama, atau sel-sel baru direproduksi terlalu cepat, menyebabkan penumpukan kulit yang tebal. Piring bersisik besar kemudian terbentuk, dipisahkan oleh retakan yang dalam, yang menjadi asal namanya."
 
Sementara ketika menyitat Wikipedia dikatakan, harlequin-type ichthyosis adalah kelainan genetik yang menyebabkan kulit menebal di hampir seluruh tubuh saat lahir. Kulit membentuk piring besar berbentuk berlian yang dipisahkan oleh retakan dalam. Mereka mempengaruhi bentuk kelopak mata, hidung, mulut, dan telinga, dan membatasi gerakan lengan dan kaki. Pergerakan dada yang terbatas dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Pelat-pelat ini rontok selama beberapa minggu. Komplikasi lain dapat berupa kelahiran prematur , infeksi , masalah dengan suhu tubuh, dan dehidrasi.
 
Selama penelusuran, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai peristiwa bayi mengidap kelainan ini memakan usus ibu kandungnya.
 
Kesimpulan:
Kabar mengenai adanya bayi memakan usus ibunya adalah hoaks. Disinformasi yang bersumber dari video yang tersebar di media sosial tersebut hanya menggambarkan kondisi pengidap harlequin ichthyosis.
 
Disinformasi ini masuk ke dalam kategori misleading content alias konten menyesatkan.
 
Referensi:
- https://translate.google.com/translate?hl=&sl=en&tl=id&u=https%3A%2F%2Fghr.nlm.nih.gov%2Fcondition%2Fharlequin-ichthyosis&anno=2&sandbox=1
 
- https://www.bbc.com/news/world-europe-50315455
 
- https://en.wikipedia.org/wiki/Harlequin-type_ichthyosis?fbclid=IwAR1PMO6rJ7fBKqiCX7WrOwm-nzIceVuZ_OYpbALzjDknytZQf65gFe2eMgo
 
- https://translate.google.com/translate?sl=en&tl=id&u=https://www.altnews.in/video-of-baby-suffering-from-rare-genetic-disorder-shared-as-demon-baby-born-in-assam/
 
- https://turnbackhoax.id/2019/11/27/salah-usus-ibunya-dimakan-oleh-bayi-ini/
 
Sumber:
Grup percakapan Whatsapp
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif