Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Warga Israel Ikut Gugat Anies Baswedan karena Banjir? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 16 Januari 2020 16:16
Beredar sebuah narasi di media sosial bahwa salah satu warga di Kota Ashkelon, Israel, ikut menggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Gugatan warga yang tidak disebutkan namanya itu dilayangkan kepada Anies lantaran mobil miliknya ikut terseret banjir di Kota Ashkelon, Israel.
 
Narasi itu tampak dalam sebuah judul artikel yang diklaim berasal dari Tempo.co. Artikel itu tayang di laman Tempo.co pada Sabtu 11 Januari 2020.
 
Adalah akun facebook Dede Cahyadi yang mengunggah foto tangkapan layar pemberitaan itu pada Senin 13 Januari 2020. Ditambahkan dalam unggahan itu sebuah komentar bahwa Anies Baswedan bukan hanya Gubernur DKI Jakarta atau Indonesia, akan tetapi lintas negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Ternyata perkiraan ku salah,ternyata pak anis bukan gubernur indonesia tapi gubernur internasional," kata akun Dede Cahyadi.
[Cek Fakta] Warga Israel Ikut Gugat Anies Baswedan karena Banjir? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa salah satu warga Israel ikut menggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena mobilnya ikut terseret banjir di Israel, adalah salah.
 
Tangkapan layar pemberitaan yang dibagikan akun Dede Cahyadi merupakan sebuah suntingan dari artikel Tempo.co berjudul "Pemilik Mobil BMW Terseret Banjir Masuk Daftar Penggugat Anies".
 
Artikel itu terbit pada Sabtu 11 Januari 2020 pukul 09.18 WIB. Ada persamaan waktu dengan tangkapan layar yang dibagikan akun Dede Cahyadi.
 

[Cek Fakta] Warga Israel Ikut Gugat Anies Baswedan karena Banjir? Ini Faktanya
 

Dalam artikel itu sama sekali tidak disebutkan bahwa ada warga Israel yang ikut menggugat Anies karena mobilnya terseret banjir di Israel.
 
Namun yang dijelaskan dalam artikel itu adalah pemilik mobil BMW yang tinggal di Jakarta Barat. Ia menggugat Anies karena tiga mobil mewahnya senilai Rp8,7 miliar ikut terseret banjir pada 1 Januari 2020.
 
Pula terdapat suntingan foto mobil terseret banjir di unggahan akun Dede Cahyadi. Foto asli di artikel sebenarnya adalah cuplikan video warga saat sebuah sedan BMW hanyut terbawa arus banjir yang diambil Tempo.co dari Twitter BNPB pada Rabu, 1 Januari 2020.
 
Sementara foto suntingan diketahui berasal dari sebuah foto yang diambil Amir Cohen dari Reuters. Foto itu seperti yang kami kutip dari Liputan6.com, menggambarkan seorang pengendara mobil mencoba menerobos banjir yang merendam kota Ashkelon pada Senin 9 November 2015.
 
Kesimpulan:
Klaim bahwa ada warga Israel yang ikut menggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena mobil miliknya terseret banjir di Israel, adalah salah.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content atau konten manipulasi. Biasanya jenis ini berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 
Sumber:
https://www.facebook.com/dede.cahyadi.334491/posts/792600717922357
 
Referensi:
1. https://metro.tempo.co/read/1293782/pemilik-mobil-bmw-terseret-banjir-masuk-daftar-penggugat-anies
2. https://www.liputan6.com/photo/read/2361696/hujan-sejam-banjir-rendam-israel?page=4
3.https://twitter.com/BNPB_Indonesia/status/1212241097570709504
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif