Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto CT Scan Paru-Paru Pasien setelah Menerima Vaksin Covid-19? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 04 Mei 2021 13:45
Beredar sebuah foto yang yang diklaim memperlihatkan perbandingan hasil CT Scan paru-paru pasien penerima vaksin covid-19 dengan orang yang positif virus korona. Foto itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Kiran KS membagikan foto itu pada Selasa, 27 April 2021. Pada foto yang beredar disebutkan gambar CT Scan pasien yang telah divaksin, paru-parunya tampak tak ada bercak sementara paru-paru pasien positif terdapat bercak. Pada foto itu juga terdapat narasi bertulsikan sebagai berikut:
 
"Can you see why you should get vaccinated at the first chance you get?
See the CT scan difference between two COVID positive patients.
Dr. Sumit K Dubey shared this on Twitter."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Beredar Foto CT Scan Paru-Paru Pasien setelah Menerima Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa foto beredar memperlihatkan perbandingan hasil CT Scan paru-paru pasien penerima vaksin covid-19 dengan orang yang positif virus korona baru adalah salah. Faktanya, foto tersebut bukan hasil CT Scan vaksinasi covid-19.
 
Dilansir Factly.in melalui artikel berjudul "This CT Scan report does not represent the lungs of a COVID-19 vaccinated person" diunggah 30 April 2021, foto identik ditemukan pada di situs web The University of British Columbia.
 
Gambar perbandingan laporan CT scan itu diunggah untuk dipublikasikan dalam studi penelitian tentang mendeteksi virus covid-19 menggunakan CT scan. Pula, Institut Penelitian Kesehatan Pesisir Vancouver juga menerbitkan gambar yang sama di situs web mereka saat menjelaskan studi penelitian mereka tentang mendiagnosis virus COVID-19 menggunakan CT scan.
 
Sementara unggahan tersebut dibagikan dengan maksud untuk mendorong orang-orang agar divaksinasi covid-19, yang merupakan kebutuhan saat ini, gambar tersebut tidak mewakili paru-paru orang yang divaksinasi covid-19. Ada juga kemungkinan orang yang terinfeksi covid-19 merasa cemas melihat gambar-gambar ini.
 
Singkatnya, laporan CT scan ini terkait dengan studi penelitian tentang pendeteksian virus covid-19 menggunakan CT scan, bukan terkait dengan vaksinasi.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto CT Scan Paru-Paru Pasien setelah Menerima Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto beredar memperlihatkan perbandingan hasil CT Scan paru-paru pasien penerima vaksin covid-19 dengan orang yang positif virus korona baru adalah salah. Faktanya, foto tersebut bukan hasil CT Scan vaksinasi covid-19.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

 
[Cek Fakta] Beredar Foto CT Scan Paru-Paru Pasien setelah Menerima Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://factly.in/this-ct-scan-report-does-not-represent-the-lungs-of-a-covid-19-vaccinated-person/
https://archive.ph/VPJDJ
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif