Pemberitaan palsu terkait surat utang mengatasnamakan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Foto: Jabar Saber Hoax
Pemberitaan palsu terkait surat utang mengatasnamakan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Foto: Jabar Saber Hoax

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Ridwan Kamil Ajukan Surat Utang ke Bank Dunia Rp1,750 Miliar? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 13 November 2020 17:40
Beredar foto yang memeperlihatkan surat pengajuan utang mengatasnamakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Surat itu beredar dalam dua versi, Bahasa Indonesia dan Inggris.
 
Dalam surat tersebut, seolah Gubernur Ridwan Kamil mengajukan pinjaman uang kepada IFC Regional Direktur Bank Dunia untuk Asia Timur dan Asia Pasifik Vivek Pathak sebesar Rp1,750 miliar. Surat itu juga mengajukan permohonan utang sebesar Rp550 jutakepada Presiden Direktur PT Daya Adicipta Motora Krisgianto Lilikwargawidjadja.
 
Benarkah Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengajukan surat utang kepada Bank Dunia dan PT Daya Adicipta Motora ? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim Gubernur Ridwan Kamil mengajukan surat utang kepada Bank Dunia dan PT Daya Adicipta Motora adalah hoaks. Informasi itu telah dibantah Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat. Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat Hermansyah menegaskan, surat tersebut palsu. Dia mengatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak pernah meminjam uang kepada pejabat Bank Dunia dan presiden direktur distributor utama motor Honda.
 
"Dipastikan ini adalah surat palsu. Meskipun kenal secara pribadi, tapi Pak Gubernur tidak pernah memohon pinjaman uang baik atas nama pribadi apalagi atas nama Gubernur Jawa Barat,” kata Hermansyah seperti dilansir akun Facebook Jabar Saber Hoaks, pada Rabu 11 November 2020.
 
Hermansyah menambahkan, dua surat palsu itu menggunakan lambang garuda, cap kegubernuran, dan tandatangan yang mirip dengan nama di bawahnya Moch Ridwan Kamil. Seolah – olah surat itu asli padahal palsu.
 
“Dipastikan ini semuanya palsu, dari mulai cap kegubernuran, lambang negara, tandatangan, format surat yang tanpa disertai nomor dan tanggal surat, nomor telepon yang disertakan via email, serta alamat email yang dipakai mengirim suratnya pun palsu,” tambah Hermansyah.
 
Pemda Provinsi Jawa Barat mengetahui surat palsu itu setelah diberitahu oleh delegasi Vivek Pathak bernama Jack Sidik. “Rupanya Mr. Vivek sudah menyadari surat ini palsu dan meminta agar Jack Sidik memberitahu kami. Belakangan surat palsu juga dikirim ke Presdir Daya Adicipta,” ungkap Hermansyah.
 

[Cek Fakta] Ridwan Kamil Ajukan Surat Utang ke Bank Dunia Rp1,750 Miliar? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim Gubernur Ridwan Kamil mengajukan surat utang kepada Bank Dunia dan PT Daya Adicipta Motora adalah hoaks. Informasi itu telah dibantah Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat.
 
Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Ridwan Kamil Ajukan Surat Utang ke Bank Dunia Rp1,750 Miliar? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://web.facebook.com/official.jabarsaberhoaks/posts/705676323700290
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif