Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Jalan Tol di Sumatra Membelah Kebun Kurma ? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 12 November 2020 07:00
Beredar sebuah foto penampakan jalan tol yang membentang membelah kebun kurma. Foto ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun facebook atas nama Jan Kurawa membagikan foto ini pada 7 November 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi.

"Kanan kiri pohon kurma...????
Yg kemarin nggak butuh jalan Tol, nggak usah lewat sini yah.. ????"


Unggahan ini mendapatkan respon dari 429 warganet. Serta 52 komentar dan 130 kali dibagikan ulang.
 
[Cek Fakta] Foto Jalan Tol di Sumatra Membelah Kebun Kurma ? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim foto jalan tol membelah kebun kurma adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah jalan tol Pekanbaru-Dumai yang membelah kawasan perkebunan sawit. Dari penelusuran, foto identik ditemukan dalam artikel berjudul "Tol Pekanbaru-Dumai Langsung Beroperasi Gratis". Artikel dimuat di situs Jawapos.com pada 26 September 2020.
 
[Cek Fakta] Foto Jalan Tol di Sumatra Membelah Kebun Kurma ? Ini Faktanya
 
Dilansir dari Medcom.id, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer secara virtual.
 
"Alhamdulillah pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer dengan biaya Rp12,18 triliun telah rampung dan telah selesai," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 25 September.
 
Jokowi meresmikan tol tersebut melalui 'video conference' didampingi oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Riau Syamsuar, dan pejabat terkait lain hadir langsung di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai.
 
"Sudah dapat dioperasikan secara penuh dan sudah bisa digunakan untuk mendukung kegiatan produktif baik untuk masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera," ujar Presiden.
 
Menurut Presiden Jokowi, Tol Pekanbaru-Dumai tersebut merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.
 
"Ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju seperti yang tadi disampaikan Gubernur Riau, juga kawasan industri dan perkebunan lainnya," ungkap Jokowi.
 
Jalan tol tersebut juga memperpendek jarak tempuh Kota Pekanbaru-Dumai dari sebelumnya 200 kilometer jika lewat jalan nasional menjadi hanya 131 kilometer jika ditempuh via jalan tol.
 
[Cek Fakta] Foto Jalan Tol di Sumatra Membelah Kebun Kurma ? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim foto jalan tol membelah kebun kurma adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah jalan tol Pekanbaru-Dumai yang membelah perkebunan sawit.
 
Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 
[Cek Fakta] Foto Jalan Tol di Sumatra Membelah Kebun Kurma ? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://archive.vn/CLOFY
2.https://riaupos.jawapos.com/riau/26/09/2020/238823/tol-pekanbarudumai-langsung-beroperasi-gratis.html
3.https://www.medcom.id/foto/news/dN60Wvpk-jokowi-resmikan-jalan-tol-pekanbaru-dumai
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif