Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

FPI Segel Panti Asuhan di Bekasi? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 30 Oktober 2019 09:37
Warganet dihebohkan dengan kabar yang menyebut organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI) menyegel sebuah Panti Asuhan di Bekasi, Jawa Barat. Kabar itu menyebar ke media sosial Twitter.
 
Pemilik akun @GrandisJavaSia pertama kali membagikan unggahan kabar tersebut, Rabu 29 Oktober 2019. Disebutkan, Panti Asuhan Rumah Kita di Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, disegel FPI ketika baru ditempati.
 
Ungahan itu mendapat banyak tanggapan. Tak sedikit warganet yang memercayai informasi tersebut. Unggahan itu mendapat 1.161 retweets dan 822 likes.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Berikut narasi lengkap cuitan yang disebar @GrandisJavaSia: "Teman2 TOLONG DUKUNG DOA ya,
 
Panti asuhan Rumah kita, belum lama ini dapet tempat lalu mereka lagi renov, tapi kena segel Opa Gedeon dibawa ke markas FPI, dipaksa teken untuk tidak melanjutkan pembangunan ditempat baru."

 

FPI Segel Panti Asuhan di Bekasi? Ini Faktanya
 

 
Penelusuran Fakta:
Setelah dilakukan penelusuran, ternyata kabar yang menyebut FPI menyegel Panti Asuhan Rumah Kita di Bekasi adalah hoaks. Alamat Panti Asuhan tersebut berada di atas lahan kosong.
 
Pihak kepolisian sudah memberikan klarifikasi terkait informasi itu. Dilansir dari Tribunnews, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Candra Sukma Kumara mengatakan pihaknya sudah melakukan penelusuran dan menemui pengasuh Panti Asuhan Rumah Kita.
 
"Hoax, kami sudah melakukan kroscek ke lapangan dan mendatangi langsung yayasan (panti asuhan) tersebut," kata Candra saat dikonfirmasi, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Candra juga memberikan video berisi klarifikasi dari seorang pria bernama Suhendra, ia mengaku sebagai pengasuh Panti Asuhan Rumah Kita Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi.
 
Berikut bunyi isi rekaman tersebut:
"Saya Suhendra, lahir di Tangerang, 44 tahun lalu. Saya pengasuh Yayasan Rumah Kita Sendiri yang bertempat di Blok Cau RT 01 RW 01, Kedungwaringin. Bersama ini Saya selaku pengurus Yayasan Rumah Kita Sendiri yang beralamat di Kedungwaringin, menyatakan bahwa tidak pernah didatangi oleh LSM, ormas atau tokoh masyarakat yang melarang atau menyegel dan menolak keberadaan yayasan ini yang mengasuh kurang lebih 40 orang, dari berbagai daerah putra putri ya."
 

 
Kesimpulan:
Informasi yang menyebut FPI menyegel Panti Asuhan di Bekasi adalah salah.
 

Referensi:
https://jakarta.tribunnews.com/2019/10/29/hoax-kabar-panti-asuhan-rumah-kita-bekasi-disegel-fpi
 

Sumber:
https://twitter.com/GrandisJavaSia
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif