Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Tak Pakai Masker Denda Minimal Rp250 Ribu? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 01 Juli 2020 09:14
Beredar narasi bahwa bagi siapapun yang tidak menggunakan masker akan dikenakan denda minimal Rp250 ribu. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Kecamatan Gedung Aji Baru - Tulang Bawang - Lampung yang turut membagikan narasi tersebut. Berikut narasi lengkapnya:
 
"Assalamualaikum Wr...Wb...
Mohon Ijin Kepada Semua Masyarakat Bahwa Akan Ada Razia.
Ini Akan Melibatkan Beberapa Unsur :

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
1.Kepolisian
2.TNI
3.Satpol PP
4.Dishub
5.3 Pilar Skala Kecamatan.
Jika Ketauan Tidak Memakai *Masker* maka Akan Di Kenakan Denda Berupa :
 
1.Menyapu
2.Menyanyikan Lagu Wajib
3.Denda Minimal Rp.250.000
 
Tolong Infokan Kepada Saudara Ya Yg Akan Keluar Rumah.
 
Mulai dari tanggal 21 juni sampai 31 juli."
 

[Cek Fakta] Tak Pakai Masker Denda Minimal Rp250 Ribu? Ini Faktanya

 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa siapapun yang tidak menggunakan masker akan didenda minimal Rp250 ribu, adalah salah. Faktanya, pihak berwenang tidak menerapkan sanksi berupa denda uang.
 
"Beredarnya pesan di media sosial yang berisi informasi tentang razia pemakaian masker bagi masyarakat Indonesia saat berada di fasilitas umum yang dilaksanakan mulai 21 Juni s.d 31 Juli 2020 yang disertai dengan sanksi dan denda minimal Rp 250 ribu adalah HOAX atau TIDAK BENAR," tulis akun twitter @DivHumas_Polri, Rabu 24 Juni 2020.
 
Divisi Humas Polri menjelaskan pihaknya di seluruh jajaran bersama TNI dan berbagai elemen masyarakat tidak menerapkan denda berupa nominal uang. Tindakan yang diberikan kepada mereka yang tidak menggunakan masker hanya berupa teguran dan sanksi sosial bersifat mendidik.
 
Hal itu guna mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan. "Be smart netizen. Saring before sharing," ujar Divisi Humas Polri.
 

[Cek Fakta] Tak Pakai Masker Denda Minimal Rp250 Ribu? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa siapapun yang tidak menggunakan masker akan didenda minimal Rp250 ribu, adalah salah. Faktanya, pihak berwenang tidak menerapkan sanksi berupa denda uang.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

Referensi:
https://twitter.com/DivHumas_Polri/status/1275681325643677697
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif