Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] MPR Gelar Sidang Istimewa, Pemakzulan Jokowi Disahkan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 21 April 2021 13:24
Beredar sebuah video dengan narasi judul Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar Sidang Istimewa untuk memakzulkan Presiden Joko Widodo dari jabatannya. Video beredar di youtube.
 
Kanal youtube 651 SAFA membagikan video ini pada 21 April 2021. Video berjudul "MPR GELAR SIDANG ISTIMEWA UTK JKW!!" telah ditonton 1.600 orang.
 
Dalam halaman sampul video tersebut menggambarkan suasana sidang MPR. Terdapat tulisan sebagai berikut. "MPR Gelar Sidang Istimewa Pemakzulan JKW Disahkan?!!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] MPR Gelar Sidang Istimewa, Pemakzulan Jokowi Disahkan? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim MPR menggelar Sidang Istimewa pemekzulan Jokowi adalah salah. Faktanya, tidak ada agenda Sidang Istimewa di MPR hari ini.
 
Pemakzulan adalah sebuah proses penjatuhan dakwaan oleh sebuah badan legislatif secara resmi terhadap seorang pejabat tinggi negara (terutama kepala negara dan/atau kepala pemerintahan).
 
Dilansir dari laman resmi dpr.go.id, anggota MPR/DPR saat ini tengah memasuki masa reses mulai 12-30 April 2021. Dilansir dari agenda harian DPR/MPR hanya terdapat agenda Upacara Pengucapan Sumpah/Janji Anggota MPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW) yang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo.
 
Dari video berdurasi 11 menit 5 detik itu, tidak ada informasi atau narasi MPR tengah menggelar sidang istimewa.
 
Kesimpulan:
Klaim MPR menggelar Sidang Istimewa pemekzulan Jokowi adalah salah. Faktanya, tidak ada agenda Sidang Istimewa di MPR hari ini.
 
Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
[Cek Fakta] MPR Gelar Sidang Istimewa, Pemakzulan Jokowi Disahkan? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.dpr.go.id/agenda
2.https://www.youtube.com/watch?v=8uYxdTqoziQ
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif