Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Anggota FPI dan HTI Tidak akan Mendapatkan Vaksin Covid-19? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 14 Januari 2021 12:52
Beredar sebuah narasi distribusi vaksin covid-19 hanya untuk kalangan yang mendukung pemerintah saja. Kelompok yang berseberangan seperti ormas terlarang Front Pembela Islam (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tidak akan mendapatkan vaksin.
 
Akun facebook atas nama Marsani Sutejo membagikan narasi ini pada 13 Januari 2020. Berikut narasi yang diunggah.

"konon .. FPI, HTI dan yg bersebernagan dgn Rezim tak akan di vaksin.. Rezim tak suka dgn mereka ... Selamat yahh dari maut... saya akan ikut rombongan anda"

[Cek Fakta] Anggota FPI dan HTI Tidak akan Mendapatkan Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim anggota FPI dan HTI tidak akan mendapatkan vaksin covid-19 adalah salah. Faktanya, vaksin covid-19 diberikan untuk semua kalangan dengan skala prioritas yang telah ditentukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir medcom.id, Pemerintah memastikan vaksin covid-19 tersedia untuk seluruh kalangan. Mulai dari bayi, remaja, usia produktif, hingga lanjut usia. Namun, vaksinasi dilakukan bertahap. Ada kelompok yang harus diprioritaskan, yakni tenaga kesehatan.
 
"Saat ini pemerintah sedang mengkaji berbagai hal teknis terkait program vaksinasi. Pada prinsipnya, pemerintah ingin memastikan bahwa vaksin tersedia bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata juru bicara Satgas Penanganan covid-19 Wiku Adisasmito di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Desember 2020.
 
[Cek Fakta] Anggota FPI dan HTI Tidak akan Mendapatkan Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 
Presiden Joko Widodo menyebut pemberian vaksin kepada seluruh masyarakat akan dimulai pada awal tahun depan. Apalagi pemerintah telah memutuskan bahwa program vaksinasi akan diberikan secara gratis bagi seluruh masyarakat.
 
"Pemerintah akan segera memberikan vaksin gratis ke seluruh rakyat, dan akan dimulai awal 2021," kata Jokowi dalam webinar 'Outlook Perekonomian Indonesia 2021' di Jakarta, Selasa, 22 Desember 2020.
 
Jokowi menyebut vaksinasi akan memulihkan kepercayaan masyarakat mengenai penanganan pandemi covid-19 oleh pemerintah. Vaksinasi juga akan menimbulkan rasa aman di masyarakat, sehingga bisa memulihkan kembali perekonomian.
 
"Sehingga pemulihan ekonomi bisa berjalan lebih cepat, konsumsi akan naik dan kembali normal. Investasi diperkirakan akan meningkat karena adanya Undang-Undang Cipta Kerja," jelas dia.
 
[Cek Fakta] Anggota FPI dan HTI Tidak akan Mendapatkan Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim anggota FPI dan HTI tidak akan mendapatkan vaksin covid-19 adalah salah. Faktanya, vaksin covid-19 diberikan untuk semua kalangan dengan skala prioritas yang telah ditentukan.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Anggota FPI dan HTI Tidak akan Mendapatkan Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
Referensi:
1https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/PNgYYoLk-pemerintah-pastikan-vaksin-covid-19-tersedia-untuk-semua-kalangan
2.https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/RkjlWaGN-jokowi-vaksin-gratis-akan-dimulai-awal-2021
3.https://archive.fo/NpzQo
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
"Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb"

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif