Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Terima SMS BPJS Kesehatan Bagikan Dana Bantuan Rp75 Juta? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files penipuan BPJS Kesehatan Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 10 Desember 2021 17:43
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dikabarkan memberikan bantuan Rp75 Juta kepada nasabahnya. Kabar itu beredar melalui pesan singkat (SMS).
 
Pembaca Medcom.id mengadukan sms tersebut. Pada sms, penerima hadiah dapat melihat informasi dengan mengklik sebuah tautan link.
 
Berikut isi sms yang beredar:

"rejeki RP.75jt anda peroleh pin locked (772AA99) w4 082-278-927-989 info resmi bit.ly/berkahbpjs77"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Terima SMS BPJS Kesehatan Bagikan Dana Bantuan Rp75 Juta? Cek Dulu Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) memberikan bantuan Rp75 Juta sebagaimana pesan SMS yang beredar, adalah salah. Faktanya, ini hoaks lama yang kerap beredar di tengah masyarakat dengan sedikit modifikasi.
 
Beberapa waktu lalu, Tim Cek Fakta Medcom.id pernah mengulas klaim serupa. Sebelumnya, BPJS memberikan bantuan mulai dari Rp125 juta hingga Rp200 juta. Informasi ini disebar melalui sms, pesan berantai dan media sosial. Namun, pesan tersebut adalah hoaks dan bukan dari BPJS.
 
Kami juga sempat meminta tanggapan langsung dari pihak BPJS Kesehatan terkait kabar yang beredar tersebut. Pihak BPJS memastikan kabar tersebut hoaks.Iqbal menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menyelenggarakan program seperti yang disebutkan.

"Itu hoaks," kata Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf kepada Medcom.id, 3 Maret 2021.


Adapun informasi resmi BPJS Kesehatan hanya dapat diakses melalui call center 1500 400 atau bisa juga dengan mengecek akun media sosial BPJS Kesehatan dengan centang biru (verified) atau website resmi www.bpjs-kesehatan.go.id.
 

Baca Juga:[Cek Fakta] Video Ormas Berideologi Komunis Boleh Berkembang di Indonesia Hoaks, Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) memberikan bantuan Rp125 Juta sebagaimana pesan di atas, adalah salah. Faktanya, ini hoaks lama yang kerap beredar di tengah masyarakat dengan sedikit modifikasi.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Terima SMS BPJS Kesehatan Bagikan Dana Bantuan Rp75 Juta? Cek Dulu Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/JKR3xyyN-cek-fakta-video-ormas-berideologi-komunis-boleh-berkembang-di-indonesia-hoaks-begini-faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif