ILUSTRASI: Hotel dan griya pijat Alexis di Jakarta/ANTARA FOTO/Galih Pradipta
ILUSTRASI: Hotel dan griya pijat Alexis di Jakarta/ANTARA FOTO/Galih Pradipta

[Cek Fakta] Beredar Nama-nama Pelanggan Alexis? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Sobih AW Adnan • 31 Oktober 2019 15:06
Akun Twitter @joked2024 mencuit dengan menyertakan tangkapan layar akun bergambar perempuan atas nama @nabilajessica18 yang memuat klaim nama-nama tokoh yang pernah menjadi pelanggan lokasi hiburan di Hotel Alexis, di kawasan Ancol, Jakarta Utara.
 
Unggahan yang dicuit pada 28 Oktober 2019 itu memuat narasi:
 
Ini yg sering ke Alexis. Tapi kok tak ada nama Fakhrur Rozi di situ. Tq Nabila, kapan2 kita neken lagi ya. QI QI QI QI QEQ.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Beredar Nama-nama Pelanggan Alexis? Ini Faktanya
Hingga tangkapan layar ini dibuat, unggahan tersebut telah mendapatkan 521 retweets, dan 1.300 penyuka.
 
Penelusuran:
Setelah dilakukan penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, ternyata unggahan tersebut merupakan pelintiran daur ulang yang tidak memiliki kaitan dengan Alexis.
 
Nama Anindytia Oktaviani, perempuan yang fotonya terpampang dalam unggahan tersebut merupakan karyawan di Bank Mandiri. Pada 2017, gambar perempuan tersebut dicomot dan diedarkan melalui akun buatan bernama @nabilajessica18.
 
Kini, akun @nabilajessica18 tersebut tidak bisa diakses.
 
Dikutip Tribunnews.com, foto perempuan yang kerap disapa Anin itu diambil dari akun instagram @bankerscantik.id, akun yang berisi foto-foto perempuan cantik berprofesi sebagai banker.
 
Pada tangkapan layar yang diunggah melalui cuitan @joked2024, gambar Anin dicatut mengatasnamakan Nabila itu mengaku sebagai mantan pekerja di hotel Alexis. Dalam unggahan akun palsu tersebut, Nabila menyebut nama-nama tokoh seperti Ahok, Glenn Fredly, Nusron Wahid, Gunawan Muhammad, dan lain-lain sebagai mantan pelanggan yang sering berkunjung sebelum bisnis hiburan itu ditutup.
 
Sebelumnya, konten menyesatkan ini juga pernah viral setelah diposting akun Facebook atas nama Basuki Sutawijaya dengan judul "Nabila Jessica Alexis Hotel" pada 31 Oktober 2017.
 
Kesimpulan:
Cuitan tersebut merupakan pelintiran daur ulang yang sebelumnya beredar pada 2017. Anindytia Oktaviani, wanita yang berada di foto, bekerja di Bank Mandiri dan tidak memiliki dengan Alexis. Cuitan tersebut masuk dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.
 
Referensi:
-https://makassar.tribunnews.com/2017/11/02/sosok-nabila-jessica-yang-pernah-sebut-ahok-pelanggan-alexis-terungkap-ini-fakta-sebenarnya
 
- https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/04/11/2017/banker-cantik-kok-dibilang-terapis-alexis/
 
- https://turnbackhoax.id/2019/10/29/salah-ini-yg-sering-ke-alexis/?fbclid=IwAR3r6_PIAle5WcS4bimPhqL4CJxbPI2A-9VcKuzsurG6p2JrAd6JYfdU4lk
 
- https://turnbackhoax.id/2017/11/03/fitnah-nabila-jessica-alexis-hotel/
 
-https://www.medcom.id/topik/10700-penutupan-hotel-alexis
 
Sumber:
- https://twitter.com/joked2024/status/1188762728464187392

 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif