NEWSTICKER
Tangkapan layar artikel klarifikasi di internet
Tangkapan layar artikel klarifikasi di internet

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Mulai Besok Jakarta Lockdown , Warga Luar Dilarang Masuk? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 21 Maret 2020 21:36
Beredar sebuah tautan pemberitaan diklaim dari Koran.tempo.co dengan judul artikel "Ibu Kota Bersiap Menutup Diri." Terhadap tautan itu, dinarasikan bahwa mulai besok DKI Jakarta akan lockdown atau penutupan wilayah dan warga luar tidak diperbolehkan masuk ke Ibu Kota kecuali mendapatkan izin dari pihak kepolisian.
 
Berikut narasi lengkapnya:
"DKI Jakarta mulai besok Lock down Warga di luar Jakarta tidak dibolehkan masuk kecuali ada izin polisi."
 
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa mulai besok DKI Jakarta akan lockdown dan warga luar tidak diperbolehkan masuk ke Ibu Kota kecuali mendapatkan izin dari pihak kepolisian, adalah salah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Pemimpin Redaksi Koran Tempo Budi Setyarso meluruskan narasi tersebut. Ia mengakui bahwa artikel berjudul "Ibu Kota Bersiap Menutup Diri" benar berasal dari Koran Tempo yang terbit pada Kamis 19 Maret 2020. Akan tetapi, kata Budi, artikel itu sama sekali tidak berkesimpulan DKI Jakarta akan lockdown dan larangan bagi warga luar masuk ke Ibu Kota. Artikel itu secara garis besar menjelaskan dua skenario karantina wilayah yang disiapkan Pemerintah DKI Jakarta bila wabah korona di Ibu Kota semakin memburuk.
 
Berikut klarifikasi dari Koran Tempo:
 
Klarifikasi Koran Tempo
 
Di media sosial dan grup percakapan Whatsapp beredar penggalan informasi bahwa "DKI Jakarta mulai besok Lock down. Warga di luar Jakarta tidak dibolehkan masuk kecuali ada izin polisi." Kutipan dua kalimat itu digabungkan dengan link berita Koran Tempo berjudul "Ibu Kota Bersiap Menutup Diri", lalu viral di media sosial.
 
Berkaitan dengan hal itu, kami sampaikan klarifikasi sebagai berikut:
 
1) Berita berjudul "Ibu Kota Bersiap Menutup Diri" itu benar merupakan berita Koran Tempo edisi Kamis, 19 Maret 2020. Berita itu menjelaskan dua skenario karantina wilayah yang disiapkan Pemerintah DKI Jakarta bila wabah corona di Ibu Kota memburuk. Dua skenario itu merupakan usulan pemerintah DKI yang masih harus menunggu persetujuan dari pemerintah pusat yang berwenang menyatakan karantina wilayah. Terlampir copy pdf berita aslinya.
 
2) Adapun dua kalimat bahwa " Jakarta mulai besok akan Lock down" dan "Warga di luar Jakarta tidak dibolehkan masuk kecuali ada izin polisi" bukan berasal dari berita Koran Tempo. Berdasarkan penelusuran kami, kedua kalimat itu berasal dari beberapa pengguna media sosial yang digabungkan dengan link berita Koran Tempo lalu menyebar di mana-mana.
 
Demikian penjelasan dari kami.
 
Pemimpin Redaksi Koran Tempo
Budi Setyarso

 
Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo juga membantah narasi yang beredar tersebut. Pihaknya memastikan keharusan mendapatkan izin dari kepolisian untuk warga luar yang mau masuk ke Jakarta, adalah hoaks.
 
"Kata-kata itu "tidak dibolehkan masuk tanpa izin polisi" yang hoaks," kata Sambodo seperti dilansir Antaranews.com, Sabtu 21 Maret 2020.
 

[Cek Fakta] Mulai Besok Jakarta <i>Lockdown </i>, Warga Luar Dilarang Masuk? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa mulai besok DKI Jakarta akan lockdown dan warga luar tidak diperbolehkan masuk ke Ibu Kota kecuali mendapatkan izin dari pihak kepolisian, adalah salah.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
1.https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4208018/cek-fakta-klaim-jakarta-besok-mulai-lockdown-dan-warga-luar-dilarang-masuk-bukan-berasal-dari-koran-tempo
2.https://www.antaranews.com/berita/1372242/polisi-sebut-hoaks-jakarta-lockdown-warga-luar-harus-izin
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.
 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif