NEWSTICKER
Tangkapan layar informasi palsu di pesan berantai WhatsApp
Tangkapan layar informasi palsu di pesan berantai WhatsApp

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Video Penampakan Ambulans Membawa Pegawai PGC Terjangkit Korona? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 17 Maret 2020 16:36
Beredar melalui pesan berantai Whatsapp, sebuah video memperlihatkan satu unit ambulans dan sejumlah petugas menggunakan masker sedang berada di pelataran sebuah gedung. Dinarasikan para petugas tersebut sedang menangani pasien terjangkit virus korona atau covid-19.
 
Pasiennya diklaim merupakan seorang pegawai salah satu toko di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur. Narasi itu terdengar dari suara seorang perempuan dalam video berdurasi 19 detik tersebut.
 
"Ya Allah, di PGC (sudah) kena satu (terinfeksi virus corona). Tutup sajalah PGC-nya. Itu kan karyawan atas ya," ujar perempuan dalam video.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Video Penampakan Ambulans Membawa Pegawai PGC Terjangkit Korona? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa video memperlihatkan sebuah ambulans membawa seorang pegawai dari Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur, karena terjangkit virus korona, adalah salah.
 
Dilansir Suara.com, Property Manager PGC Jumono Josafat mengakui ambulans tersebut membawa pegawai salah satu toko di PGC. Namun Jusmono membantah bahwa pasien tersebut terjangkit korona.
 
"Orang tersebut hanya mengalami kelelahan dan memiliki riwayat sakit asma," kata Jumono.
 

[Cek Fakta] Video Penampakan Ambulans Membawa Pegawai PGC Terjangkit Korona? Ini Faktanya
 

Jumono menjelaskan inisiatif pertolongan datang dari atasan bersangkutan. Atasan tersebut memanggil ambulans untuk membawa salah satu pegawainya ke rumah sakit terdekat.
 
Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Herry Purnomo mengonfirmasi bahwa pihaknya telah mengamankan seorang perempuan terkait video tersebut. Pihaknya memeriksa perempuan tersebut lebih lanjut.
 
"Kasih kami waktu dulu ya," kata Herry seperti dilansir Suara.com, Senin 16 Maret 2020.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video memperlihatkan sebuah ambulans membawa seorang pegawai dari Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur, karena terjangkit virus korona, adalah salah. Pihak kepolisian mengamankan seseorang terkait penyebaran video tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://www.suara.com/news/2020/03/16/142232/polisi-tangkap-wanita-yang-sebar-hoaks-pegawai-toko-pgc-kena-corona
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.

 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif