Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] SBY Akui Anaknya tak Bisa Mimpin Partai Demokrat? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 02 Maret 2021 08:06
Beredar sebuah video dengan narasi bahwa Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengakui bahwa anaknya tidak bisa memimpin Partai Demokrat. Seperti diketahui, putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.
 
Video dengan narasi ini beredar di media sosial. Adalah kanal YouTube SKEMA POLITIK yang mengunggah video tersebut, 26 Februari 2021.

"AKHIRNYA SBY AKUIN ANAKNYA TIDAK BISA MIMIPIN DEMOKRAT ~ BERITA TERBARU," narasi pada video tersebut yangtelah ditonton sekitar 57 ribu kali.


 
[Cek Fakta] SBY Akui Anaknya tak Bisa Mimpin Partai Demokrat? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa SBY mengakui anaknya tidak bisa memimpin Demokrat, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu. Kami menyimak video berdurasi 10 menit 8 detik itu. Pada video itu sama sekali tidak disebutkan data dan fakta pendukung bahwa benar SBY mengakui anaknya tidak bisa memimpin partai.
 
Justru di video itu disampaikan hasil analisis Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari soal SBY turun gunung di isu kudeta AHY. Setidaknya terdapat dua hipotesis soal turun gunungnya SBY.
 
Pertama, api di Partai Demokrat terlalu besar untuk dipadamkan oleh seorang AHY. Kedua, SBY diduga merupakan sutradara dan dalang dari cerita terkait kudeta.
 
Di sisi lain, hasil analisis ini dimuat sejumlah media mainstream. Di antaranya dalam artikel berjudul "Analisis Indo Barometer soal SBY Turun Gunung di Isu Kudeta AHY" yang dimuat detik.com pada Jumat 26 Februari 2021.
 

[Cek Fakta] SBY Akui Anaknya tak Bisa Mimpin Partai Demokrat? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa SBY mengakui anaknya tidak bisa memimpin Demokrat, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
 

[Cek Fakta] SBY Akui Anaknya tak Bisa Mimpin Partai Demokrat? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=LrolEzC9ae4
https://news.detik.com/berita/d-5472940/analisis-indo-barometer-soal-sby-turun-gunung-di-isu-kudeta-ahy
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif