Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Amir Khan Bagikan Bantuan 1Kg Tepung yang di Dalamnya Berisi Uang Jutaan Rupiah? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 03 Maret 2021 13:06
Aktor Bollywood Amir Khan dikabarkan membagikan bantuan berupa satu kilogram tepung untuk warga India yang terdampak covid-19. Di dalam bungkusan tepung, Amir Khan menyelipkan uang 15 ribu rupee atau senilai Rp3 Juta.
 
Akun Facebook Harlinah turut membagikan kabar itu pada Rabu, 17 Februari 2021. Akun itu mengunggah tangkapan layar foto Amir Khan, dengan narasi bertuliskan sebagai berikut:
"Bintang Bollywood, Amir Khan, sempat dihujat karena 'hanya' memberikan bantuan ikg tepung untuk warga India yang terdampak lockdown. Hanya orang miskin yang rela mengantri untuk mengambil tepung itu, tanpa diketahui bahwa di dalam tepung terselip uang senilai 3 juta".
Benarkah Aktor Bollywood Amir Khan membagikan bantuan berupa satu kilogram tepung dengan menyelipkan uang senilai Rp3 Juta? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Amir Khan Bagikan Bantuan 1Kg Tepung yang di Dalamnya Berisi Uang Jutaan Rupiah? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Amir Khan membagikan bantua satu kilogram tepung dengan menyelipkan uang senilai Rp3 Juta di dalamnya adalah salah. Informasi ini telah dibantah langsung oleh Amir Khan. Klarifikasi itu disampaikan melalui akun resmi Twitter Amir Khan @aamir_khan, pada 4 Mei 2020. Berikut klarifikasinya:
 
"Guys, I am not the person putting money in wheat bags. Its either a fake story completely, or Robin Hood doesn't want to reveal himself!
Stay safe. Love. a. "
 
Atau dalam Bahasa Indoensia: "Teman-teman, saya bukan orang yang memasukkan uang ke dalam kantong gandum. Entah itu cerita palsu sepenuhnya, atau Robin Hood tidak ingin mengungkapkan dirinya!Tetap aman. Cinta."


 
Pula, mengutip Turnbackhoax.id yang melansir dari thequint.com, melalui wawancara dengan manajemen Aamir Khan, diketahui bahwa aktor tersebut tidak melakukan donasi menaruh uang di dalam 1 kilogram tepung. Diketahui pula dari laman sandesh.com, donasi berupa uang di dalam 1 kilogram tepung terjadi di Gorat, India namun bukanlah Aamir Khan yang melakukannya.
 
Aamir Khan diketahui melakukan donasi melalui melalui Prime Minister Narendra Modi’s PM-Cares fund, Maharashtra chief minister’s relief fund, asosiasi pekerja film di India, dan sejumlah NGO lainnya.
 

[Cek Fakta] Amir Khan Bagikan Bantuan 1Kg Tepung yang di Dalamnya Berisi Uang Jutaan Rupiah? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Amir Khan membagikan bantua satu kilogram tepung dengan menyelipkan uang senilai Rp3 Juta di dalemnya adalah salah. Informasi ini telah dibantah langsung oleh Amir Khan.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Amir Khan Bagikan Bantuan 1Kg Tepung yang di Dalamnya Berisi Uang Jutaan Rupiah? Ini Faktanya
 

 
Referensi:
https://twitter.com/aamir_khan/status/1257165603678240768
https://turnbackhoax.id/2021/03/01/salah-bintang-bollywood-amir-khan-memberikan-bantuan-1kg-tepung-di-dalamnya-terdapat-uang-senilai-3juta-saat-india-lockdown/
https://www.thequint.com/news/webqoof/aamir-khans-team-denies-that-actor-gave-rs-15000-in-wheat-sacks-fact-check#read-more
https://archive.md/wgzHR
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif