Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Instagram
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Instagram

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Sebut Vaksinasi Covid-19 Melemahkan Kekuatan TNI? Ini Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 08 April 2021 12:38
Akun Instagram @loisdr77 mengunggah rangkaian video dan foto hasil tangkapan layar percakapan WhatasApp yang menyatakan vaksin covid-19 akan melemahkan kekuatan TNI. Unggahan video itu diproduksi ET News.
 
Video dan foto tangkapan layar itu pada 1 April 2021. Berikut narasi klaim yang diunggah:


"Setelah kekuatan TNI melemah setelah di Vaksin,Nakes tumbang maka cina akan mengirim ‘Bantuan’ Nakes dan Tentaranya utk menguasai Indonesia Lalu rakyat Cina akan di kirim utk menduduki Indonesia Krn penduduk kita SDH punah semua"


[Cek Fakta] Beredar Video Sebut Vaksinasi Covid-19 Melemahkan Kekuatan TNI? Ini Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa vaksin covid-19 akan melemahkan kekuatan TNI adalah salah. Tidak ada bukti yang mendukung klaim tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir situs covid19.go.id, melalui artikel berjudul "COVID-19 Berbahaya, Vaksin dan 3M Pencegahannya" Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K)., Msi, Anggota Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) menjelaskan bahwa penyakit ini tidak memandang bulu. Yang meninggal 60,4% di rentang umur 19-59 tahun, ini umur yang rentan karena mereka aktif di luar rumah. Prof. Soedjatmiko menambahkan, vaksinasi merupakan langkah yang aman dan umum dilakukan di dunia, termasuk di Indonesia. Indonesia telah melakukan vaksinasi kepada jutaan jiwa sejak 1974 dan terbukti aman. Percepatan penemuan vaksin dengan tetap memperhatikan asas keamanan dan efektivitas sangat diperlukan saat ini,
 
“Tujuannya adalah untuk menurunkan kematian dan kesakitan masyarakat. Tetapi harus diawasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) juga ada yang Namanya Data Safety Monitoring Board (DSMB) dan ada Komite Etik juga di Unpad. Perkara vaksin mana yang dipakai itu nanti biar pemerintah yang menentukan, tapi salah satu vaksin yang mungkin akan dipakai di Indonesia adalah vaksin Sinovac yang sudah diuji klinik fase III di Bandung”, terang Prof. Soedjatmiko.
 
Bagi mereka yang masih ragu, dr. Erika menghimbau, “Pandemi ini belum berakhir, seperti kata Prof. Soedjatmiko kita harus tetap menjaga protokol kesehatan sampai pemerintah mengumumkan pandemi ini berakhir. Apabila masih ada yang ragu terhadap vaksin, saya harapkan bisa berubah pikiran demi mengeluarkan Indonesia dari pandemi ini”.
 
“Survei ITAGI bersama Kementerian Kesehatan menyebutkan, 64% orang Indonesia sudah mau divaksinasi dan 24% masih ragu. Yang ragu mudah-mudahan menjadi yakin pada saat vaksin ini diumumkan nanti, agar mau divaksinasi supaya terlindung dari penularan COVID-19, sakit, dan kematian. Sehingga pandemi segera mereda, ekonomi mulai bergerak, dan kehidupan kita membaik”, tutup Prof. Soedjatmiko.
 
Lebih lanjut, WHO melalui situs resminya juga menyatakan bahwa vaksin sangat penting bagi kesehatan masyarakat dan berhasil menyelamatkan nyawa hampir 3 juta orang di dunia tiap tahunnya. Vaksin sendiri bekerja di dalam tubuh manusia untuk membangun sistem imun tubuh, bukan melemahkan.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Sebut Vaksinasi Covid-19 Melemahkan Kekuatan TNI? Ini Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa vaksin covid-19 akan melemahkan kekuatan TNI adalah salah. Tidak ada bukti yang mendukung klaim tersebut.
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

 
[Cek Fakta] Beredar Video Sebut Vaksinasi Covid-19 Melemahkan Kekuatan TNI? Ini Cek Faktanya
 

 
Referensi:
https://covid19.go.id/berita/covid-19-berbahaya-vaksin-dan-3m-pencegahannya
https://web.archive.org/web/20210407053336/https://www.instagram.com/p/CNFM6v_HTfg/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif