Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Gibran Putra Jokowi Tantang Debat Terbuka Rocky Gerung? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 31 Juli 2020 18:00
Beredar sebuah foto putra Presiden Joko Widodo yang juga bakal calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menantang debat terbuka kepada pengamat politik dan juga akademisi Rocky Gerung. Foto ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun Facebook atas nama Haidir Belitong mengunggah ini pada 29 Juli 2020. Dalam foto tersebut, dia menyandingkan foto Gibran dengan foto Rocky Gerung yang telah disunting. Dalam foto tersebut terdapat kutipan ucapan Gibran.

"SUDAH..JGN BYK BACOT AKU TANTANG ROCKY GERUNG DEBAT TERBUKA !"


 
Unggahan ini dibubuhi tulisan untuk mendukung debat keduanya yang disiarkan di salah satu televisi nasional. Unggahan ini mendapatkan respon dari 270 warganet. Serta mendapatkan 254 komentar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Gibran Putra Jokowi Tantang Debat Terbuka Rocky Gerung? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim bahwa Gibran menantang debat terbuka Rocky Gerung adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan yang diambil saat pertemuan antara Gibran dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Istana Negara.
 
Dari penelusuran kami, foto Gibran dalam unggahan tersebut ditemukan dalam artikel berjudul "Kata Pakar tentang Bahasa Tubuh Gibran Saat Bertemu AHY". Artikel dimuat di Liputan6.com pada 11 Agustus 2017.
 

[Cek Fakta] Gibran Putra Jokowi Tantang Debat Terbuka Rocky Gerung? Ini Faktanya
 
Dilansir dari Medcom.id, Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, ikut hadir dalam pertemuan bapaknya dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)di Istana Kepresidenan, Jakarta. Ia mengaku sudah meminta izin kepada Jokowi karena ingin bertemu langsung dengan putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.
 
"Tadi spontan saja ada tamu spesial mas Agus, kan dari dulu saya kepengen ketemu, saya izin bapak, 'Pak boleh gabung enggak? "'Boleh'," kata Gibran menirukan ucapan Jokowi, dalam konferensi pers di Presidential Lounge, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 10 Agustus 2017.
 
Saking semangatnya ingin bertemu AHY, ia langsung bergegas ke Istana. Ia bahkan sempat meminta izin kepada Jokowi untuk menyajikan masakan khusus buat AHY.
 
Atas izin Jokowi, Gibran pun menyediakan gudeg dan bubur lemu untuk AHY. Makanan itu kemudian disantap oleh Jokowi, AHY, dan Gibran di sela pertemuan yang berlangsung tertutup itu.
 
"Saya masakin gudeg dan bubur lemu. Gudeg tapi makannya pakai bubur," ucap dia.
 

[Cek Fakta] Gibran Putra Jokowi Tantang Debat Terbuka Rocky Gerung? Ini Faktanya
 

Rocky Gerung sendiri turut berkomentar terkait pencalonan Gibran di Pilkada Solo 2020. Dilansir dari Suara.com, Rocky menyebut majunya Gibran dalam kontestasi politik tersebut menunjukkan Jokowi otoriter melebihi era rezim Soeharto.
 
Ia menyebut Jokowi secara terang-terangan sedang memainkan penyogokan politik demi memuluskan langkah anaknya menjadi orang nomor satu di Kota Solo.
 

[Cek Fakta] Gibran Putra Jokowi Tantang Debat Terbuka Rocky Gerung? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Gibran menantang debat terbuka Rocky Gerung adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan yang diambil saat pertemuan antara Gibran dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.
 
Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
[Cek Fakta] Gibran Putra Jokowi Tantang Debat Terbuka Rocky Gerung? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.liputan6.com/health/read/3055122/kata-pakar-tentang-bahasa-tubuh-gibran-saat-bertemu-ahy
2.https://www.suara.com/news/2020/07/21/203937/gibran-jadi-cawalkot-solo-rocky-gerung-beri-komentar-pedas
3.https://www.medcom.id/nasional/politik/9K5jLrPN-gibran-bikin-gudeg-khusus-buat-ahy

 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

 

(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif