Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Larangan Mengikuti Natal di Kabupaten Landak Hoaks, Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 15 Desember 2020 13:00
Beredar kabar yang menyebutkan adanya larangan mengikuti pelaksanaan Natal di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Kabar itu beredar media sosial dan pesan berantai WhatsApp.
 
Akun Facebook Anwar Subekti membagikan kabar itu dengan mengunggah foto tangkapan layar status WhatsApp pada 11 Desember 2020. Pada foto tangkapan layar terdapat narasi bertuliskan sebagai berikut:


"SEKABUPATEN LANDAK KEMUNGKINAN TIDAK ADA MENGIKUTI NATAL DIKARENAKAN ADA PANTANG SE-KABUPATEN
ACARANYA MULAI TANGGAL 23 SAMPAI SETERUSNYA
 
Bagi yang Berada di Pontianak
Kalau yang mau pulang kampung khususnya ke daerah Landak
Tanggal 20 harus udah ada di kampung"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah Kabupaten Landak melarang mengikuti Natal seperti pada unggahan yang beredar? Berikut Cek Faktanya.
[Cek Fakta] Larangan Mengikuti Natal di Kabupaten Landak Hoaks, Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, Kabupaten Landak melarang mengikuti Natal seperti pada unggahan yang beredar adalah hoaks. Faktanya, Bupati Landak Karolin Margret Natasa membantah informasi tersebut.
 
"Saya beritahukan kepada masyarakat Kabupaten Landak bahwa postingan tersebut adalah hoaks, tidak benar bahwa di Kabupaten Landak tidak ada Natal," ucap Karolin di Ngabang pada Minggu 13 Desember 2020, seperti dilansir Tribun Landak.
 
Karolin mengatakan kepada masyarakat yang ingin melakukan mudik untuk dapat mengikuti protokol kesehatan agar dapat saling menjaga penularan pandemi covid-19. Dia juga mengingatkan umat Katolik dan Kristen yang akan melaksanakan Natal untuk tidak merayakan secara berlebihan, mengingat Indonesia masih dalam pandemi covid-19.
 
"Saya berpesan kepada masyarakat jika ingin mudik diharapkan dapat mengikuti protokol kesehatan, namun alangkah baik tidak melakukan mudik dahulu demi menjaga penyebaran covid-19. Kita melaksanakan Natal tahun ini dalam keadaan pandemi covid-19, untuk itu Saya mengimbau masyarakat agar melaksanakan Natal secara sederhana dan bersama keluarga saja," pinta Karolin yang juga menjabat Ketua Umum Pemuda Katolik Indonesia.
 

[Cek Fakta] Larangan Mengikuti Natal di Kabupaten Landak Hoaks, Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Kabupaten melarang Natal adalah hoaks. Faktanya, Bupati Landak Karolin Margret Natasa membantah informasi tersebut,
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis Misleading Content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Larangan Mengikuti Natal di Kabupaten Landak Hoaks, Ini Faktanya
 

Referensi:
https://archive.md/pkDUm
https://pontianak.tribunnews.com/2020/12/13/beredar-postingan-tak-ada-natal-di-landak-karolin-pastikan-informasi-itu-hoax?fbclid=IwAR3LG8wN48nluzHcNrZA8cPyMqGugndnwmGwZNDikfmEioaFOZHMdSziO4M
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif