Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] "Trump Dipecat" jadi Sampul Tabloid New York Post ? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 12 November 2020 09:40
Beredar foto sampul tabloidNew York Post yang memperlihatkan Donald Trump dengan raut muka sedih tengah berjalan di malam hari. Pada sampul tabloid itu, terdapat judul topik menarasikan bahwa mimpi buruk seluruh warga Amerika Serikat telah berakhir, karena Trump telah dipecat.
 
Akun Twitter @MelusiMaposa mengunggah foto itu pada 8 November 2020. Berikut narasi yang terdapat pada sampul tabloid itu:

"My fellow American, our long NATIONAL NIGHTMARE is over. You're Fired"


Terjemahan bahasa Indonesia:
"Warga Amerika Serikat, mimpi buruk nasional Kita telah berakhir. Anda (Trump) dipecat”
 
Benarkah, tabloid New York Post menerbitkan topik utama (headline) bahwa Donald Trump dipecat sebagai presiden Amerika Serikat? Berikut penelusurannya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] New York Post ? Ini Faktanya" src="https://cdn.medcom.id/images/library/images/Screen%20Shot%202020-11-12%20at%2007_55_41.png" />
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa tabloidNew York Post menerbitkan topik utama Donald Trump dipecat sebagai presiden Amerika Serikat adalah salah. Faktanya, foto tersebut telah diedit.
 
Dilansir Turnbackhoax.id, New York Post tidak pernah merilis sampul menggunakan foto Trump dengan judul "You’re Fired". Foto Trump yang digunakan merupakan foto ketika Trump baru saja kembali dari kampanye di Tulsa, Oklahoma, pada 21 Juni 2020 waktu setempat.
 
Judul asli sampul yang menyatakan bahwa mimpi buruk nasional warga Amerika Serikat telah berakhir merupakan potongan dari pidato Gerald Ford ketika dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat pada tahun 1974 yang lalu.
 
"Foto Trump yang digunakan merupakan foto ketika Trump baru saja kembali dari kampanye di Tulsa, Oklahoma, pada 21 Juni 2020 waktu setempat." tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya, 11 November 2020.
 
Pula, klaim serupa juga pernah diperiksa situs Politifact melalui artikel berjudul “No, the New York Post didn’t Run a ‘You’re Fired’ Cover” . Artikel itu menjelaskan, Donald Trump sebelum menjadi Presiden, sering mengatakan "You're Fired" untuk mengeliminasi kontestan dari reality show "The Apprentice".
 
Para pengkritik Trump telah memilih slogan tersebut sejak Demokrat Joe Biden diproyeksikan sebagai pemenang pemilihan presiden 2020. The New York Post tidak termasuk di dalamnya, meskipun sampul palsu yang beredar di media sosial dapat membuat Anda berpikir sebaliknya.
 

[Cek Fakta] New York Post ? Ini Faktanya" src="https://cdn.medcom.id/images/library/images/Screen%20Shot%202020-11-12%20at%2008_20_03.png" />
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa tabloid New York Post menerbitkan topik utama terkait Donald Trump dipecat sebagai presiden Amerika Serikat adalah salah. Faktanya, foto tersebut telah diedit.
 
Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] New York Post ? Ini Faktanya" src="https://cdn.medcom.id/images/library/images/WhatsApp%20Image%202020-08-07%20at%2018_30_14(20).jpeg" />
 

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2020/11/11/salah-foto-trump-dengan-judul-youre-fired-sebagai-sampul-new-york-post/
https://www.politifact.com/factchecks/2020/nov/09/viral-image/no-new-york-post-didnt-run-youre-fired-cover/
https://archive.md/u0Chx
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif