Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Gibran Rakabuming Mengeluh Sering Di-bully? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 22 November 2020 15:02
Calon Wali Kota Solo yang jugga putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mengeluh kerap menjadi korban perundungan (bullying). Narasi ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun facebook atas nama Ade Armando membagikan narasi ini pada 5 November 2020. Berikut narasi keluhan Gibran.

"Bapak Saya Di Bully.ipar Saya Jg Di Bully. kami kurang Apa Coba...???"


[Cek Fakta] Gibran Rakabuming Mengeluh Sering Di-<i>bully</i>? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Gibran mengeluh kerap dirundung (bully) adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir dari Merdeka.com, Gibran Rakabuming bercerita bahwa menjadi anak presiden tak seindah yang dibayangkan. Banyak bullyan dan cacian yang datang kepadanya. Sambil berseloroh Gibran menyebut jika sebenarnya yang paling enak menjadi cucu presiden. Semua orang seolah senang melihat tingkah polah cucu Presiden, Jan Ethes. "Orang-orang tahunya anak presiden itu enak ya, tapi sebenarnya banyak nggak enaknya. Yang enak itu jadi cucu presiden. Si Ethes loncat-loncat, lari-lari semuanya senang. Coba kalau saya dan Kaesang yang kaya gitu. Apalagi bapak saya, dari dulu sering dibully, diejek, dikatain PKI," kata Gibran.
 
Kritikan, bullyan hingga hinaan terus menggempur Presiden Jokowi. Sebagai anak, Gibran Rakabuming mengaku sakit hati dengan semua itu. Akan tetapi, dia menanggapi santai bullyan itu. Menurutnya, hinaan atau bullyan itu tidak benar. Gibran menganggap itu sebuah risiko dari pekerjaan Jokowi.
 
"Kalau sakit hati pasti sakit hati. Tapi kita tanggapi santai, nggak usah terlalu reaktif, nggak usah bikin drama di media sosial. Yang paling penting buat saya itu hujatan-hujatannya itu nggak bener, jadi saya nanggepinnya santai. Yang kaya PKI kan itu nggak bener," kata Gibran.
 
[Cek Fakta] Gibran Rakabuming Mengeluh Sering Di-<i>bully</i>? Ini Faktanya
 
Dilansir dari Liputan6.com, senada adiknya Kaesang Pangarep tak pernah menganggapi serius apapun yang dikatakan warganet pada dirinya maupun pada keluarganya.
 
Ia justru menanggapinya dengan santai. Ia bahkan mengaku tidak sakit hati sama sekali. Sebaliknya, pria 24 tahun ini justru mengaku mendapatkan keuntungan dari bully.Hal itu diungkapkan oleh Kaesang di kanal Youtube Rans Entertainment pada 21 Juli 2019.
 
Ia diminta menjawab pertanyaan dalam sesi 'Q & A' dari Raffi Ahmad. Raffi menanyakan tanggapan Kaesang seputar tingkah warganet yang kerap membully dirinya.
 
"Netizen kan suka komen komen atau bahkan marah marah gitu. Kalau Mas Kaesang pernah enggak sakit hati sama komentarnya netizen?" tanya Raffi.
 
"Enggak (sakit hati), karena moto hidup di dunia internet itu 'Dibully Biar Dibeli'," jawab Kaesang santai.
 
[Cek Fakta] Gibran Rakabuming Mengeluh Sering Di-<i>bully</i>? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Gibran mengeluh kerap dirundung (bully) adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan.
 
Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
[Cek Fakta] Gibran Rakabuming Mengeluh Sering Di-<i>bully</i>? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://archive.vn/Z0jL8
2.https://www.merdeka.com/peristiwa/curhatan-gibran-suka-duka-jadi-anak-jokowi.html?page=all
3.https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4031416/kerap-dibully-warganet-kaesang-dan-gibran-justru-tenang-dan-senang
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif