tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai aplikasi percakapan. Foto: WhatsApp
tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai aplikasi percakapan. Foto: WhatsApp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Viral Video Pembaptisan Ibu-Ibu Berjilbab di Sungai? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 06 Agustus 2020 16:36
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan ritual pembaptisan terhadap sejumlah ibu-ibu berhijab dan anak-anak kecil di sungai. Video itu beredar melalui pesan berantai WhatsApp.
 
Pada video yang beredar,seorang pria merekam proses ritual tersebut. Seorang pria lainnya, membantu para wanita itu menyelam ke dalam sungai satu per satu.Dikabarkan ritual tersebut dilakukan di daerah Cikidang, Kabupaten Sukabumi.
 
Pula, terdapat narasi di dalam video tersebut. Berikut penggalan narasinya:

"Kami Baptiskan Ibu Sari di dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Viral Video Pembaptisan Ibu-Ibu Berjilbab di Sungai? Cek Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa adanya ritual pembaptisan kepada sejumlah wanita berjilbab dan anak-anak kecil di Kecamatan Cikidang adalah salah. Pihak kepolisian Sukabumi, Camat Cikidang dan MUI Cikidang membantah klaim pada video tersebut.
 
Dilansir Tribunjabar.id, Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif turut angkat bicara soal video pembaptisan ibu-ibu yang beredar di WhatsApp.Dia menegaskan, bawha video itu merupakan hoaks.
 
"Hoaks," tegas Lukman kepada Tribunjabar.id melalui pesan singkat, Rabu (5/8/2020).
 
Lukman menambahkan, bahwa lokasi pembabtisan di dalam video yang berdurasi sekitar 3 menit itu tidak ada di Cikidang."Udah dilaksanakan pengecekan tidak ada di Cikidang lokasi seperti video dan video tersebut hoaks," ujarnya.
 
Sebelumnya, Camat Cikidang, Zatmika, juga telah memberikan klarifikasi bahwa video tersebut hoaks."Sebagaimana yang beberapa hari kebelakang yang tersiar adanya video yang menerangkan seolah-olah masyarakat kami, ada kegiatan pemurtadan, setelah kami berkonsultasi dengan para tokoh masyarakat, tokoh alim ulama, termasuk beberapa kepala desa, bahwa video tersebut tidak benar atau hoaks, mohon bisa diketahui oleh masyarakat umumnya," kata Zatmika.
 

[Cek Fakta] Viral Video Pembaptisan Ibu-Ibu Berjilbab di Sungai? Cek Faktanya
 

Sementara itu, dilansir Kumparan.com, Ketua MUI Kecamatan Cikidang, Deden Zaenal Mutaqin menyatakan bahwa video tersebut hoaks. "Sampai saat ini di Kecamatan Cikidang (yang terdiri) 12 desa tidak ada indikasi pemurtadan. Intinya sampai saat ini, Alhamdulillah di Kecamatan Cikidang tidak ada pemurtadan seperti yang di video itu," tegasnya.
 
Namun, hingga saat ini tim cek fakta Medcom.id belum menemukan lokasi dimana video tersebut diambil.
 

[Cek Fakta] Viral Video Pembaptisan Ibu-Ibu Berjilbab di Sungai? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa adanya ritual pembaptisan kepada sejumlah wanita berjilbab di Kecamatan Cikidang adalah salah. Pihak kepolisian Sukabumi, Camat Cikidang dan MUI Cikidang membantah klaim pada video tersebut.
 
Informasi ini masuk dalam kategori hoaks jenis false context (konteks keliru).False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Viral Video Pembaptisan Ibu-Ibu Berjilbab di Sungai? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://jabar.tribunnews.com/2020/08/05/soal-video-pembaptisan-ibu-ibu-disebut-di-cikidang-kapolres-sukabumi-tegaskan-video-itu-hoaks
https://kumparan.com/sukabumi-update/heboh-video-pembaptisan-ibu-ibu-di-cikidang-sukabumi-camat-hoax-1twYvmfXzMO/full
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif