Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Rieke Diah Pitaloka Mangaku PKI? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 10 Juli 2020 17:36
Akun Facebook Armand Suhara membagikan foto tangkapan layar (screenshot) yang memperlihatkan artikel daring dengan foto sampul Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka. Foto tersebut diunggah pada Kamis, 23 Juni 2020.
 
Pada foto yang beredar, terlihat judul artikel menarasikan seolah Rieke mengakui dirinya adalah pengikut Partai Komunis Indonesia (PKI). Hingga tangkapan layar diambil, unggahan foto itu sudah dibagikan 192 kali, mendapat 11 respons dan 12 komentar. Berikut judul yang terdapat pada foto screenshot yang beredar:

"Rieke : Memang saya PKI, ada yang salah"


[Cek Fakta] Rieke Diah Pitaloka Mangaku PKI? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar bahwa Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka mengaku dirinya PKI adalah salah. Faktanya, foto screenshot tersebut sudah diedit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Menggunakan kata kunci "rieke memang saya pki" pada mesin perambah (web browser), mengarahkan kami pada situs periksa fakta turnbackhoax.id melaui laporannya berjudul "[DISINFORMASI] “Rieke : Memang saya PKI, ada yang salah?” dimuat pada 13 Februari 2018. Dalam laporannya, disebutkan status tersebut menggunakan tangkapan layar yang sudah disunting. Judul asli dari artikel tersebut adalah "Pilgub Jabar, Rieke Diah: Saya Siap Maju Kalau Instruksi Partai” bukan “Rieke : Memang saya PKI, ada yang salah?". Artikel itu dimuat pada Jumat, 17 Mar 2017.
 

[Cek Fakta] Rieke Diah Pitaloka Mangaku PKI? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar bahwa Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka mengaku dirinya PKI adalah salah. Faktanya, foto screenshot tersebut sudah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Rieke Diah Pitaloka Mangaku PKI? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2018/02/13/disinformasi-rieke-memang-saya-pki-ada-yang-salah/?fbclid=IwAR0phU27JWuoBrE_Kdj6SHYVNVeXoVTFA344CoFa3L96MHKFQ8wxuFObc1c
https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3449756/pilgub-jabar-rieke-diah-saya-siap-maju-kalau-instruksi-partai/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif