Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Viral Foto Pertemuan Terakhir Dokter Hadio dengan Dua Anaknya, Hoaks

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 25 Maret 2020 17:55
Beredar di media sosial, sebuah foto memperlihatkan seorang pria menggunakan masker tengah berada di luar pagar rumah. Pria itu seperti menatap dua anaknya yang berdiri di dekat pintu rumah.
 
Terhadap foto itu, muncul narasi bahwa foto tersebut merupakan foto pertemuan terakhir Dr Hadio Ali Khazatsin dengan dua buah hatinya. Dr Hadio merupakan salah satu dokter yang wafat di tengah pandemi virus korona atau covid-19.
 
Adalah akun facebook Ronny Jasenk Bae Lah yang turut mengunggah narasi tersebut pada Senin 23 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Berikut narasi lengkapnya: "Dokter Hadio
Foto terakhir dokter Hadio Ali Khazatsin saat beliau menyempatkan diri pulang ke rumah, di tengah masa karantinanya.
Ia terpapar virus, demi menjaga keluarganya tak ikut sakit, ia tidak masuk ke dalam rumah dan hanya berdiri di pagar, menatap dua buah hatinya yang masih kecil dari jauh. Bu Hadio, yang tengah mengandung anak ketiga, mengabadikan momen yang tak terlupakan ini.
 
Dokter Hadio adalah salah satu dokter yang meninggal karena terpapar Corona. Ada 5 dokter lain yang gugur hari itu.
Semoga pengorbanan para tenaga medis tidak sia-sia, mendapat tempat terbaik di sisi-Nya, dan keluarga mereka yang ditinggalkan dikuatkan.
Aamiin yaa Robbal'aalamiin."

 

[Cek Fakta] Viral Foto Pertemuan Terakhir Dokter Hadio dengan Dua Anaknya, Hoaks
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto tersebut merupakan foto pertemuan terakhir Dr Hadio Ali Khazatsin dengan dua buah hatinya, adalah salah.
 
Merujuk Tempo.co, foto itu merupakan penampakan seorang dokter di Malaysia. Adalah Ahmad Effendy Zailanudin, salah seorang warga Petaling Jaya, Malaysia yang mengunggah foto tersebut pada 21 Maret 2020.
 
Ahmad mengaku dokter tersebut adalah sepupunya, yang juga berjuang melawan korona di Malaysia. Ahmad menegaskan sepupunya tersebut, kini masih dalam keadaan sehat walafiat.
 
"Saya sahkan bahawa gambar itu memang saudara saya. Tetapi dia bukan dokter Hadio yang baru meninggal itu. Saya mohon kepada netizen di sana supaya tidak mudah untuk ambil gambar orang lain dan dijadikan kesempatan untuk mengaut like, komen, dan kongsi," kata Ahmad Effendy seperti dilansir Tempo.co, Selasa 24 Maret 2020.
 
Sementara itu, merujuk situs cek fakta Turnbackhoax.id, almarhum Dr Hadio memiliki dua anak perempuan. Sementara pada foto yang viral tersebut, terlihat satu anak laki-laki dan satu anak perempuan.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto tersebut merupakan foto pertemuan terakhir Dr Hadio Ali Khazatsin dengan dua buah hatinya, adalah salah. Faktanya foto itu merupakan penampakan seorang dokter di Malaysia dan kini masih dalam keadaan sehat walafiat.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/696/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-foto-momen-terakhir-dokter-hadio-yang-meninggal-karena-corona
2.https://turnbackhoax.id/2020/03/24/salah-foto-terakhir-dokter-hadio-berdiri-di-depan-pagar-temui-anak-sebelum-meninggal-karena-covid-19/
 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif