Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Foto Jokowi Sebut Gibran Lebih Pintar Mengurus Solo dan Jakarta Hoaks, Ini Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 15 Juni 2020 16:39
Unggahan foto hasil tangkapan layar (screenshot) akun Facebook Michael Wibowo viral. Pemilik akun mengunggah foto screenshot artikel daring berjudul "Jokowi Yakin Gibran Lebih Pintar Urus Solo Dan Jakarta Dari Pada Diri Saya".
 
Artikel yang seolah diunggah situs Gelora.id itu, memuat foto Presiden Joko Widodo dan Putranya Gibran Rakabuming Raka yang mengenakan setelan jas sambil dikawal Paspampres. Pemilik akun juga menambahkan keterangan pada foto:
 
"Apa Pemirsa Yakin Ini Bocah Bisa Punya Nilai Jual Di Mata Rakyat,Sekalipun Di Iklankan Sang Bapak,Kalau Produk Genetiknya No 1 Paling Pintar Ngibul Dan Ngeprank Di Planet Ini. Cuma Kalian Yang Bisa Menilai."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Sejak diunggah pada Sabtu, 6 Juni 2020, foto tersebut sudah mendapat 1,5 ribu respons warganet, 1,5 ribu komentar, dan 289 kali dibagikan.
[Cek Fakta] Foto Jokowi Sebut Gibran Lebih Pintar Mengurus Solo dan Jakarta Hoaks, Ini Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto screenshot bahwa Jokowi menyebut anaknya Gibran lebih pintar mengurus Solo dan Jakarta, adalah salah. Faktanya, foto yang beredar tersebut adalah hasil suntingan.
 
Foto yang disebar akun Facebook Michael Wibowo berasal dari ANTARA melalui artikel berjudul "Jelang pelantikan, Jokowi salami warga di depan Istana Merdeka" dimuat pada Mingu, 20 Oktober 2019. Foto itu adalah karya Rachman, juru foto ANTARA.
 
Pada artikel itu dijelaskan bahwa foto itu diambil saat Presiden Jokowi menyapa masyarakat yang berkumpul di depan Istana Merdeka sesaat sebelum berangkat menuju Gedung MPR/DPR/DPD RI untuk menghadiri pelantikan sebagai presiden untuk periode kedua.
 

[Cek Fakta] Foto Jokowi Sebut Gibran Lebih Pintar Mengurus Solo dan Jakarta Hoaks, Ini Cek Faktanya
 

Pula, pada situs Gelora.id, juga tidak ditemukan artikel berjudul "Jokowi Yakin Gibran Lebih Pintar Urus Solo Dan Jakarta Dari Pada Diri Saya". Hanya saja, terdapat artikel di situs Gelora.id dengan foto identik namun berjudul "Haji Batal Sementara Pilkada Lanjut, Apa Kepentingan Presiden Jokowi? Pilkada Solo?" dimuat pada 3 Juni 2020.
 
Pada artikel itu, dibahas terkait kebijakan pembatalan pemberangkatan ibadah haji tahun 2020 dan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada bulan Desember. Sumber artikel berasal dari pendapat dari Pengamat Politik dari Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam sebagai narasumber. Tidak ada pernyataan Jokowi yang mempromosikan anakanya Gibran untuk maju berkompetisi pada Pilkada Serentak 2020. Termasuk berkompetisi pada Pilkada di Solo dan DKI Jakarta.
 

[Cek Fakta] Foto Jokowi Sebut Gibran Lebih Pintar Mengurus Solo dan Jakarta Hoaks, Ini Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto screenshot bahwa Jokowi menyebutkan anaknya Gibran lebih pintar mengurus Solo dan Jakarta, adalah salah. Faktanya, foto yeng beredar tersebut adalah hasil suntingan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenisimposter content(konten tiruan).Imposter contentterjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 

Referensi:
https://www.antaranews.com/berita/1122266/jelang-pelantikan-jokowi-salami-warga-di-depan-istana-merdeka?fbclid=IwAR1Kf-eAJrufr1SIJj7XTMYtRSS_13QnCfb1zVNgA9D3OMUoDAF2mj3xF7s
https://www.gelora.co/2020/06/haji-batal-sementara-pilkada-lanjut-apa.html?fbclid=IwAR2n6M-CVxBNSx2ZdwOvKTNIWqAIZkIm18caxKVF0g1Edka1BFFBtT2alOg
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.id.
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif