Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: WhatsApp
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: WhatsApp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Link Palsu Pendaftaran Program Kartu Prakerja Kembali Beredar Melalui WhatsApp, Ini Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 28 Oktober 2020 12:49
Sejak diluncurkan pada akhir Maret 2020, program Kartu Prakerja banjir antusias dari masyarakat.Namun, dari gelombang pertama hingga gelombang 10, tak sedikit masyarakat menjadi korban modus penipuan pendaftaran Kartu Prakerja menggunakan link situs palsu yang beredar melalui WhatsApp.
 
Baru-baru ini, kembali beredar sebuah link yang diklaim sebagai jalur resmi pendaftaran program Kartu Prakerja. Pada pesan yang beredar, terdapat link https://www.key-whatsapp.top?v=job disertai thumbnail bergambar ilustrasi kartu prakerja berwarna dominan biru dan kalimat "Daftar program kartu prakerja".
 
Link tersebut mulai banyak beredar pada Rabu, 28 Oktober 2020, menjelang pengumuman penentuan apakah pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 11.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah link tersebut adalah jalur resmi pendaftaran program Kartu Prakerja? Simak penelusuran.
[Cek Fakta] <i>Link</i> Palsu Pendaftaran Program Kartu Prakerja Kembali Beredar Melalui WhatsApp, Ini Cek Faktanya
 

 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa adanya link https://www.key-whatsapp.top?v=job untuk pendaftaran program prakerja adalah hoaks. Link resmi untuk pendaftaran prakerja adalah https://www.prakerja.go.id/.
 
Head of Communications Prakerja, Louisa Tuhatu, menegaskan situs resmi pendaftaran program Kartu Prakerja hanya bisa diakses melalui www.prakerja.go.id, diluar itu tidak resmi atau illegal. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak terkecoh dengan situs-situs palsu yang tampilannya menyerupai situs Kartu Prakerja.
 
"Saluran komunikasi Kartu Prakerja adalah yang menggunakan akhiran 'go.id' yaitu www.prakerja.go.id dan Instagram @prakerja.go.id serta Facebook @prakerja.go.id," kata Louisa seperti dilansir Liputan6.com, Minggu 25 Oktober 2020.
 
Bila masyarakat merasa ragu dengan link yang diterima, maka segera menghubungi layanan pelanggan di nomor bebas pulsa 0800-150-3001. Pihak manajemen Kartu Prakerja telah melaporkan ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) karena meresahkan masyarakat.
 
"Situs-situs palsu ini telah kami laporkan ke Bareskrim karena berpotensi menipu masyarakat," imbuhnya.
 
Louisa menambahkan, pihaknya belum memastikan dari kuota penerima Kartu Prakerja yang dicabut kepesertaannya, apakah akan dialihkan untuk gelombang 11 atau tidak. Louisa menjelaskan, hal itu masih menunggu keputusan lebih lanjut dari Komite Cipta Kerja (KCK).
 
"Keputusan untuk menambah gelombang dan kuotanya ada di tangan KCK," pungkas dia.
 

[Cek Fakta] <i>Link</i> Palsu Pendaftaran Program Kartu Prakerja Kembali Beredar Melalui WhatsApp, Ini Cek Faktanya
 

Sebelumnya, tim Cek Fakta Medcom.id juga sudah memeriksa klaim sejenis pada beberapa artikel cek fakta. Bisa dipastikan, selain link https://www.prakerja.go.id/ adalah bukan link pendaftaran resmi program Kartu Prakerja. Konten yang menyertakan link palsu pendaftaran prakerja dapat memuat motif phising atau penipuan digital.
 

Baca: Tujuh Rupa Konten Hoaks
 

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa adanya link https://www.key-whatsapp.top?v=jobuntuk pendaftaran program prakerja adalah hoaks. Link resmi untuk pendaftaran prakerja adalah https://www.prakerja.go.id/.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain
 

[Cek Fakta] <i>Link</i> Palsu Pendaftaran Program Kartu Prakerja Kembali Beredar Melalui WhatsApp, Ini Cek Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/JKRAo8Vk-daftar-di-situs-ini-dapat-bantuan-kartu-prakerja-rp600-ribu-setiap-bulan
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4391427/waspada-penipuan-simak-cara-resmi-daftar-kartu-prakerja
https://www.prakerja.go.id/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb
 

 
[Cek Fakta] <i>Link</i> Palsu Pendaftaran Program Kartu Prakerja Kembali Beredar Melalui WhatsApp, Ini Cek Faktanya
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif