Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Riau Diserbu WNA Tiongkok? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 10 Juni 2021 17:00
Beredar sebuah video yang memperlihatkan rombongan penumpang warga negara asing asal Tiongkok di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau. Video itu dikaitkan dengan isu dana haji.
 
Akun Twitter @RAJO_LANGIT007 membagikan video tersebut pada 6 Juni 2021. Dalam video terdengar suara seorang perempuan yang kemungkinan sedang merekam sembari berkata:

"Di Bandara Sultan Syarif Kasim orang China aja semua," kata perempuan di video itu.


Hingga saat ini, unggahan tersebut telah ditonton hampir sebanyak 50rb kali dan mendapat respons warganet terdiri dari 70 retweet, 203 suka, dan 47 komentar. Pada unggahannya videonya, akun itu juga menambahkan narasi bertuliskan sebagai berikut:

"Cino lagi Cino lagi..kpnkah ini terjadi..?
#TiongkokBikinJongkok
#AdiliPerampokDanaHaji"


Benarkah video tersebut memperlihatkan serbuan warga Tiongkok di Riau dan ada kaitannya dengan dana haji? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Video Riau Diserbu WNA Tiongkok? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihatkan serbuan warga Tiongkok di Riau dan berkaitan dengan dana haji adala salah. Faktanya, isu tersebut sudah dibantah pihak bandara. Dilansir Antaranews, Executive General Manager Bandara SSK II, Jaya Tahoma Sirait membantah isu serbuan WNA Tiongkok di bandara Kota Pekanbaru itu.
 
“Mereka itu wisatawan yang habis menghadiri Bakar Tongkang. Kita sebagai operator bandara, semuanya tentu harus kita layani,” ujar Jaya.
 
Video itu juga tidak ada kaitannya dengan penggunaan dana haji.
 

[Cek Fakta] Video Riau Diserbu WNA Tiongkok? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwavideo yang beredar tersebut memperlihatkan serbuan warga Tiongkok di Riau dan berkaitan dengan dana haji adala salah. Faktanya, isu tersebut sudah dibantah pihak bandara.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
1. https://www.antaranews.com/berita/935625/imigrasi-mengklarifikasi-isu-video-viral-wna-china-serbu-riau
2. https://archive.md/Azlof
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif