Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Timses Anies Baswedan Anggota PKI? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 29 Juni 2020 15:10
Beredar dua buah foto yang diklaim memperlihatkan seorang pria yang mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pada salah satu foto, pria tersebut mengenakan kaos bergambar palu arit, simbol paham Komunisme. Pria di dalam foto itu, diklaim seorang PKI yang menjadi anggota Timses Anies. Pada
 
Akun Facebook Yuli Ati membagikan foto tersebut pada Rabu, 10 Mei 2020. Pada foto itu, terdapat narasi "Pake sendiri..Fitnah sendiri..Rame sendiri".
 
Hingga tangkapan layar dibuat, unggahan foto itu sudah mendapat 777 komentar, 270 respons, dam 127 kali dibagikan. Pemilik akun juga menambahkan keterangan pada foto, sebagai berikut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"PKI TERIK2 PKI PKI
TERNYATA TIMSESNYA ANIES PKI
DASAR KADRUN GAK ADA OTAKNYA MUKA TEMBOK VIRUS BANSOS"

[Cek Fakta] Timses Anies Baswedan Anggota PKI? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim seorang pria anggota PKI yang menjadi timses Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah salah. Pria dalam foto yang beredar adalah Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Ahmad Izzul Wara. Izzul telah memberikan klarifikasi.
 
Melalui reverse image, foto identik ditemukan pada situs Suaranasional.com, melalui artikel berjudul "Achmad Izzul Waro Akui Foto Kaos Merah Palu Arit Dirinya & Minta Maaf" dimuat pada Senin, 15 Mei 2020. Pada artikel itu, dijelaskan bahwa Izzul Wara mengakui dirinya memakai kaos merah palu arit. Foto tersebut diambil di Kota Ho Chi Minh, Vietnam pada tahun 2013.
 
Izzul Waro mengatakan, foto itu diambil saat dirinya bersama rekan-rekan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) melakukan kunjungan kerja untuk mendapatkan perbandingan tentang tata kelola transportasi perkotaan di Vietnam. Ahmad Izzul Wara mengatakan, kaos merah yang ramai di media sosial didapatkan dari pedagang kaki lima pinggir jalan di Vietnam.
 
“Tujuan kami mendapatkan kaos itu semata-mata sebagai oleh-oleh layaknya kunjungan ke daerah lain,” ungkapnya.
 
Sebagai pegiat transportasi publik, lanjut Izzul Waro, sama sekali tak mengira kasusnya akan meluas seperti ini. “Saya juga tak ada maksud lain, apalagi sampai melukai hati saudara kami sendiri, sesama warga negara Indonesia yang saya cintai ini. Tak lupa saya juga menyampaikan permohonan maaf bilamana perbuatan saya ini menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat,” paparnya.
 
Masih dari sumber yang sama, Izzul Waro mengakui seorang nahdliyin tulen, karena selain lahir dan tumbuh berkembang di Kota Kediri Jawa Timur. Dia juga pernah berkecimpung dalam organisasi IPNU (Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama).
 
"Meskipun demikian, wallahi saya nyatakan saya tak pernah tergabung dengan parpol manapun, apalagi sebuah parpol terlarang,” pungkasnya.
 

[Cek Fakta] Timses Anies Baswedan Anggota PKI? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim seorang pria anggota PKI yang menjadi timses Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah salah. Pria dalam foto yang beredar adalah Direktur Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Ahmad Izzul Wara. Izzul telah memberikan klarifikasi terkait informasi yang beredar.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://suaranasional.com/2020/05/15/achmad-izzul-waro-akui-foto-kaos-merah-palu-arit-dirinya-minta-maaf/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif