Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Masjid Meledak aaat Salat Jumat, 50 Jemaah Meninggal Dunia? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 21 Juli 2021 13:35
Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan sebuah masjid meledak saat salat Jumat. Disebutkan pula, sebanyak 50 jamaah menjadi korban dalam peristiwa itu.
 
Akun Facebook Ranap turut membagikan informasi itu pada Jumat, 16 Juli 2021. Akun itu mengunggah artikel daring dari situs blogspot berita-uptdate.xyz pada 14 Juli 2021. Pada artikel itu terdapat foto kubah masjid terbakar dilumat api. Berikut judul artikel yang beredar:
 

"Innalillahi, Masjid Meledak Saat Waktu Sholat Jumat, Sebanyak 50 Jamaah Meninggal Dunia, Semoga Husnol Khotimah Aminn”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Masjid Meledak aaat Salat Jumat, 50 Jemaah Meninggal Dunia? Begini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa masjid meledak saat salat Jumat dan menewaskan 50 jamaah adalah salah. Faktanya, bukan meledak, masjid itu terbakar saat salat Isya akibat adanya kebakaran pada pertokoan yang beredar di samping masjid.
 
Dilansir Mediaaceh.co, Kapolres Aceh Utara Ajun Komisaris Besar Ian Rizkian Milyardin, melalui Kapospol Pirak Timu Inspektur Dua Bambang S menyebutkan, kebakaran terjadi diduga akibat korsleting listrik dari salah satu ruko yang berkonstruksi papan.
 
Sebanyak 10 unit ruko di Keude Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, Sabtu, 28 Desember 2019 pagi ludes terbakar. Selain itu, kubah utama Masjid Taqarrub yang berada di dekat deretan ruko tersebut juga ikut terbakar.
 
“Korban luka hanya satu orang dari 35 korban (kebakaran kedai/warung) lainnya, yaitu Murida, istri Riza Abdullah. Tangan dan dahinya luka terbakar saat menyelamatkan diri,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah.
 
Hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), diketahui api bersumber dari korsleting listrik dari ruko milik Riza Abdullah yang berada di bagian tengah. Api dengan cepat merembet ke ruko lainnya dan juga menghanguskan kubah masjid.
 
Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Amir Hamzah secara terpisah mengatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 07.15 WIB.
 
“Ada empat unit armada Pemadam Kebakaran dari Pos Landing, Lhokseumawe dan Alue Bilie yang melakukan Pemadaman sampai pukul 09.30 WIB,” kata Amir.
 

[Cek Fakta] Masjid Meledak aaat Salat Jumat, 50 Jemaah Meninggal Dunia? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim masjid meledak saat salat Jumat dan menewaskan 50 jamaah adalah salah. Faktanya, bukan meledak, masjid itu terbakar saat salat Isya akibat adanya kebakaran pada pertokoan yang beredar di samping masjid.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Masjid Meledak aaat Salat Jumat, 50 Jemaah Meninggal Dunia? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://mediaaceh.co/2019/12/29/10-ruko-dan-kubah-masjid-terbakar-di-aceh-utara/
https://archive.md/v4O3a
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif