Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto dengan Fadli Zon Penyebab Donald Trump Kalah di Pilpres AS? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 12 November 2020 14:20
Beredar sebuah foto calon presiden Amerika Serikat Donald Trump bersama politikus Partai Gerindra Fadli Zon. Dalam foto tersebut dinarasikan Donald Trump gagal terpilih kembali karena berfoto dengan Fadli Zon.
 
Akun facebook atas nama Abe Zeed membagikan foto ini pada 8 November 2020. Berikut narasi dalam foto tersebut.

"PENGEN NGETES FOTO AMA INI ORANG KATANYA SIH NGGA BAKALAN KEPILIH LAGI. BENERAN NGGA SIH ?"


Unggahan ini mendapatkan respon dari 43 warganet serta empat kali dibagikan ulang.
 
[Cek Fakta] Foto dengan Fadli Zon Penyebab Donald Trump Kalah di Pilpres AS? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Fadli Zon menjadi penyebab kekalahan Donald Trump adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dengan mencatut swafoto Fadli Zon saat bertemu dengan Trump yang saat itu masih sebagai calon presiden tahun 2015 lalu. Dilansir dari Detik.com, foto selfie itu diunggah Fadli Zon saat memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Trump sebagai Presiden Amerika Serikat pada 2016 lalu.
 
"Congratulation!" tulis Fadli di akun Twitter pribadinya @fadlizon dilansir Detik.com.
 
Di cuitannya itu, Fadli juga mengunggah foto selfienya bersama Trump. Di foto itu Fadli dan Trump yang sama-sama mengenakan setelan jas nampak tersenyum menghadap kamera.
 
Foto selfie tersebut diambil Fadli saat bersama rombongan DPR yang dipimpin Setya Novanto berkunjung ke Trump Tower, Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat, Kamis 3 September 2015 lalu. Saat itu Trump masih berstatus seorang pengusaha dan menjadi salah satu calon presiden AS.
 
[Cek Fakta] Foto dengan Fadli Zon Penyebab Donald Trump Kalah di Pilpres AS? Ini Faktanya
 
Dilansir dari CNNIndonesia.com, rombongan DPR saat itu dipimpin Setya Novanto bertemu dengan kandidat calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Dalam keterangan foto yang dicantumkan Reuters, Setya terlihat berada di sisi Trump ketika Trump tengah meluncurkan siaran pers dengan Komite Nasional Partai Republik, RNC di Trump Tower di Manhattan, New York.
 
Dalam akhir konferensi pers, Trump memperkenalkan Setya Novanto kepada publik. Setya dilaporkan hadir di acara itu bersama dengan rombongannya, termasuk Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
 
"Hadirin, ini adalah orang yang sangat luar biasa, Ketua DPR dari Indonesia, Setya Novanto. Salah satu orang yang paling berpengaruh dan dia ke sini untuk bertemu dengan saya. Kita akan melakukan hal yang luar biasa untuk AS, benarkan?" kata Trump kepada Setya, dalam rekaman video yang beredar di YouTube.
 
[Cek Fakta] Foto dengan Fadli Zon Penyebab Donald Trump Kalah di Pilpres AS? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Fadli Zon menjadi penyebab kekalahan Donald Trump adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dengan mencatut swafoto Fadli Zon saat bertemu dengan Trump yang saat itu masih sebagai calon presiden tahun 2015 lalu.
 
Informasi ini jenis hoaks Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
[Cek Fakta] Foto dengan Fadli Zon Penyebab Donald Trump Kalah di Pilpres AS? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://archive.vn/Iu08t
2.https://www.cnnindonesia.com/internasional/20150904113121-106-76615/setya-novanto-bertemu-donald-trump
3.https://news.detik.com/berita/d-3341254/fadli-zon-unggah-foto-selfie-dengan-donald-trump-congratulation
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif