Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Inul Daratista Mengadakan Giveaway Uang Rp30 juta dan Iphone? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 29 Oktober 2020 16:32
Artis penyanyi Inul Daratista dikabarkan mengadakan giveaway berhadiah uang tunai Rp30 juta dan unit ponsel merek ternama. Kabar itu beredar di media sosial.
 
Adalah akun Facebook Dewi Arshita membagikan informasi itu pada sebuah laman diskusi GIVE AWAY INDONESIA yang beranggotakan 2,2 ribu akun. Akun itu membagikan narasi seolah berasal dari Inul Daratista yang sedang membagikan hadiah cuma-cuma pada Sabtu, 24 Oktober 2020.
 
Pula, pada narasi itu tertera cara memenangkan giveaway. Juga tercantum nomor admin untuk pengumuman pemenang.Berikut secara lengkap narasi yang beredar:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"BISMILLAH BAGI ADE-ADEKU YANG MEMBUTUHKAN HP ANDROID KAMI DARI KELUARGA BESAR INUL DARATISTA MENGADAKAN BAGI-BAGI GIVE AWAY UNTUK 25 ORANG PEMENANG TERCEPAT MENDAPATKAN IPHONE 11 PRO MAX DAN UANG 30JT MASING" PEMENANG BISA DIMULAI DARI SEKARANG..
ALHAMDULILLAH SELAMAT BUAT YANG SUDAH MENANG KEMARIN SEMOGA HADIAHX BERMANFAAT YA. ????
UNTUK YANG BELUM CARANYA CUKUP MUDAH :
> JUARA SPAM "P" 30X
> BAGIKAN KE 5 GRUP
> 15 ORANG PEMENANG TERCEPAT ??
> SCREENSHOT SPAM "P" KIRIM KE ADMIN
#WAJIBIKUTISYARATDIATAS
#SEMOGABERUNTUNG????????
WATHSAAP ADMIN:083185996153
INFO : BAGI YANG SUDAH MELAKUKAN PERSYARATANNYA, BURUAN CHAT ADMIN APABILA ADA BALASAN OTOMATIS ITU TANDA ANDA SAH SEBAGAI PEMENANG YAH..
SELAMAT BERJUANG"

Benarkah Penyanyi Inul Daratista mengadakan giveaway berhadiah piluhan juta rupiah dan ponsel? Simak penelusurannya:
 

[Cek Fakta] Inul Daratista Mengadakan <i>Giveaway</i> Uang Rp30 juta dan Iphone? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Penyanyi Inul Daratista mengadakan giveaway berhadiah piluhan juta rupiah dan ponsel adalah hoaks. Faktanya, Inul tidak memiliki akun media sosial Facebook.
 
Inul sendiri sudah membantah kabar tersebut. Dia mengatakan, menajemen dan dirinya tidak pernah membuat dan mengelola akun Facebook.
 
"Management Inul dan Bu Inul tidak main Facebook dan tidak buat giveaway,” kata Inul saat dihubungi Liputan6.com, Jumat 9 April 2020.
 

Pula, dilansir Viva.co.id melalui artikel berjudul "Soal Giveaway, Inul Daratista: Aku Sudah Enggak Lagi" dimuat padaKamis, 2 Juli 2020,Pedangdut ini juga sempat ikut angkat bicara soal giveaway atau bagi-bagi hadiah di media sosial. Inul menyoroti banyak artis yang menjadi Youtuber dan menduga konten mereka didominasi oleh hal yang sudah diatur.
 
"Sejak artis menjadi Youtuber, isi Youtube tidak lebih dari settingan jual beli barang dan mobil mewah, ngasih pekerjaan ke orang susah, drama receh, mendadak jadi malaikat penolong di jalan, bagi bagi giveway puluhan lphone terbaru. Padahal bullshit semua tuh. Jangan bilang nggak," tulisnya.
 
Inul mengklaim konten Youtube nya bersih dari giveaway yang diatur."Aku engga loh shay coba deh lihat youtube aku lucu menghibur... klo mau kasih sumbangan sembunyi2 aja biar Allah yg tau wakakakk hidup sdh dramatis jd hrs hepi skrg bwn ga kena korona cusss anak ganteng kirim kerumah pengen tak hewek2 gemesssss," tulis Inul.
 

[Cek Fakta] Inul Daratista Mengadakan <i>Giveaway</i> Uang Rp30 juta dan Iphone? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Penyanyi Inul Daratista mengadakan giveaway berhadiah piluhan juta rupiah dan ponsel adalah hoaks. Faktanya, Inul tidak memiliki akun media sosial Facebook.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain
 

[Cek Fakta] Inul Daratista Mengadakan <i>Giveaway</i> Uang Rp30 juta dan Iphone? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4347764/cek-fakta-hoaks-bagi-bagi-hadiah-mencatut-nama-inul-daratista-di-facebook
https://www.viva.co.id/showbiz/gosip/1225665-soal-giveaway-inul-daratista-aku-sudah-enggak-lagi
https://archive.md/WHR3h
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif