Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Virus Korona Kalah dengan Garam Dapur? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 29 Mei 2020 09:41
Beredar informasi bahwa berkumur menggunakan garam dapat melawan virus Korona baru (covid-19). Klaim itu beredar melalui pesan berantai WhatsApp dan berbagai platform media sosial.
 
Akun Facebook Olifien Lontoh membagikan informasi tersebut pada Rabu, 20 Mei 2020. Dalam unggahannya, disebutkan pengobatan covid-19 dengan garam berasal dari pengalaman seseorang. Berikut secara lengkap narasi yang beredar:
 

"Baca ini bagus for cegah Corona...

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Corona kalah dg Garam dapur.
Gak perlu vaksin vaksinan yg mau di drop oleh yahudi ato Cina. Ini bukan HOAKs.
Baca sampai tuntas. Ini dari teman yg baru kena Corona
Saudara Percaya beruntung. Tidak percaya saya tdk rugi.
 
Barusan kejadian, 2hari yg lalu. Dia lagi enak2 tidur kaget bangun karena Batuk mendadak menyerang tanpa pemberitahuan/aba2/ternyata batuk berdahak lumayan banyak, dan sepertinya Nafas terasa agak terganggu. Padahal sebelumnya tdk ada tanda2 mau batuk.
Apa yg dia lakukan?
1. Buang dahak yg ada.
2. Minum air hangat yg banyak/1gelas.
3. Ambil GARAM DAPUR/MEJA SEDIKIT seujung sendok teh, masukan ke mulut, biarkan garam larut didlm mulut dan telan dikit dikit biar tenggorokan kita dipenuhi suasana garam.
4. Ambil Tisu kasih minyak angin. Terus ditutup ke Hidung jadi masker. Rasakan tarikan nafas yg hangat oleh aroma minyak angin. Sampai saya tertidur kembali.
5. BANGUN tidur tdk terasa lagi dahak dileher dan batuknyapun bables kena garam.
 
Demikian kesaksian dari saya. Semoga Musim CORONA BISA KITA LAWAN DG GARAM YG MURAH MERIAH.
SELAMAT MENCOBA DAN BAGIKAN KEBAIKAN KEPADA ORANG LAIN.
SEMOGA SURABAYA DAN INDONESIA SEGERA TERBEBAS DARI CORONA. HANYA MODAL GARAM DAPUR.
 
Garam dapur/NaCl Vs Corona. sudah dicoba dan berhasil.
Saudara2, kalau terasa leher tidak enak, tenggorokan terasa kering, reak spt lengket tdk bisa keluar, cepat ambil Garam dapur sedikit saja. Masukkan ke mulut. Biarkan larut dimulut. Kemudian telan sedikit-sedikit. Biarkan di tenggorokan.
Saya sudah coba dan berhasil. Virus yg coba2 mampir di tenggorokan keok. ????????oleh Garam dapur/NaCl. Yg murah meriah.
Sering2 lah kumur air garam.
Bagikan resep yg murah meriah ini. Kesemua Kontak dan group WA, FB. Dll. Semoga kita menang lawan Corona.
"Garam vs Corona.!!!!"
Kita sudah mengenal Garam sebagai :
1. Penyedap makanan
2. Mengawetkan makanan misal ikan asin.
3. Pembasmi kuman dan sakit kulit.
4. Senjata melawan CORONA.
Kita coba bahas yg ke 4.
Ini expriment pribadi.
Beberapa hari lalu tenggorokanku merasa tdk enak. Mulai sakit ditenggorokan.
 
Caranya saya minum air hangat dulu 1 gelas. Lalu saya ambil garam SEDIKIT masukan kemulut, biarkan garam lumer/larut dlm mulut. Kemudian telan dikit2.
 
Tidak terasa 1/2 jam kemudian tenggorokan sudah lebih ok.!!!
Saya rasa hal ini bisa juga kita terapkan untuk melawan Virus Corona yang mencoba mau ambil posisi di tenggorokan kita.
Klw sdh terlanjur masuk dan susah bernafas, rebus air, teteskan minyak kayu putih, hisup uap air+minyak kayu putih sambil muka menghadap ke panci/baskom yg ada air nya, tutupi kepala kita dgn handuk agar uap nya masuk ke hidung kita.
 
Selamat Mencoba resep kuno ini. Semoga kita semua sehat. Indonesia Sukses melawan Corona dengan sedikit GARAM.
Sedikit pengalaman dengan Garam.
1. Bekicot dikasih garam keok/mati.
2. Lintah/cacing dikasih garam keok.
3. Virus Corona Menyusul.
 
Selamat mencoba. Bagi yg ada gejala2 batuk. Tenggorokan terasa tidak enak. Flu. Boleh mencoba. Dan kami tunggu kesaksian saudara2 yg sudah mencoba dan sukses. Silahkan Viralkan gk ada rugi nya, cuma GARAM aja, demi Indonesia Sukses melawan Corona.
Kiranya Tuhan Memulihkan Bangsa Indonesia, Amin!!!
 

[Cek Fakta] Virus Korona Kalah dengan Garam Dapur? Ini Faktanya

 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim berkumur menggunakan garam dapat melawan virus Korona baru (covid-19) adalah hoaks. Ilmuan dan praktisi kesehatan membantah informasi tersebut.
 
Tim Cek Fakta Medcom.id, pernah memeriksa klaim tersebut dengan narasi yang nyaris sama, melalui artikel berjudul "[Cek Fakta] Benarkah Garam Dapur Dapat Melawan Virus Korona? Ini Faktanya", pada Jumat, 17 April 2020. Ilmuan dan praktisi kesehatan berbasis di perguruan tinggi di Inggris menegaskan klaim bahwa garam dapat menangkal virus Korona tidak terbukti.
 

[Cek Fakta] Virus Korona Kalah dengan Garam Dapur? Ini Faktanya
 

Sebagai pengembangan, Spesialis bidang penyakit dalam dari Universitas Gadja Mada, dr. RM. Agit Sena Adisetiadi, Sp.PD., mengatakan hal serupa. Melalui artikel berjudul "Saltwater Gargling is not a Way Against Covid-19" yang diunggah ugm.ac.id, dr. Agit menjelaskan berkumur atau minum air hangat dengan campuran garam atau cuka telah lama digunakan oleh orang-orang di Indonesia sebagai cara untuk meredakan gejala yang berhubungan dengan flu dan sakit tenggorokan. Namun demikian, dia menekankan sekali lagi; metode ini tidak akan melindungi Anda dari covid-19.
 
"Minum cukup air sekitar 2 liter atau 8-9 gelas per hari adalah salah satu langkah menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, juga mencegah dehidrasi"
 
Menurutnya, mematuhi protokol kesehatan preventif Covid-19 adalah upaya utama yang harus dilakukan untuk menghindari penularan virus. Beberapa dari mereka seperti mencuci tangan dengan 70 persen sabun atau alkohol, menjaga jarak, menghindari keramaian, mengenakan topeng, dan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.
 

[Cek Fakta] Virus Korona Kalah dengan Garam Dapur? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim berkumur menggunakan garam dapat melawan virus Korona baru (covid-19) adalah hoaks. Ilmuan dan praktisi kesehatan membantah informasi tersebut.
 
Informasi Informasi yang beredar tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GbmYY1Lb-cek-fakta-benarkah-garam-dapur-dapat-melawan-virus-korona-ini-faktanya
https://www.ugm.ac.id/en/news/19350-saltwater-gargling-is-not-a-way-against-covid-19
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif