Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Serangan Lebah di India saat Pandemi Covid-19? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 18 Mei 2020 14:36
Sejumlah video yang diklaim memperlihatkan peristiwa serangan lebah di India viral di media sosial. Pada video yang beredar, terlihat kerumunan lebah beterbangan dan hinggap di beberapa mobil yang diparkir di bahu jalan.
 
Akun Facebook Abdul Holik turut membagikan informasi itu melalui unggahan dua video pada Kamis, 14 Mei 2020. Pemilik akun menambahkan keterangan pada kedua video bertuliskan sebagai berikut:
 
"Ditengah pandemi virus Corona ..
INDIA HADAPI WABAH SERANGAN SEJENIS LEBAH BERBISA SEKALI GIGIT ORANG ITU BISA MENINGGAL."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Video Serangan Lebah di India saat Pandemi Covid-19? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa terjadi serangan lebah di India di tengah pandemi virus Korona baru (covid-19) adalah salah.
 
Pada video pertama memang memperlihatkan kerumunan lebah berterbangan dan hinggap di sejumlah mobil yang diparkir tepi jalan. Namun peristiwa dalam video yang beredar bukan terjadi di India, melainkan di depan CTown Supermarkets, Bronx, New York, Amerika Serikat.
 
Video yang serupa dimuat oleh akun Facebook Rs-Loy pada 7 Mei 2020. Pemilik akun menambahkan keterangan pada video bertuliskan:
 
"This happened on 204th and Valentine an outbreak of bees ????. I hope this is not the Chinese Horne"
 

[Cek Fakta] Video Serangan Lebah di India saat Pandemi Covid-19? Ini Faktanya
 

Pula, pada video kedua merupakan kumpulan video dari peristiwa kebocoran gas kimia di lokasi industri LG Polymers di Desa Venkatapuram, Visakhapatnam, India. Peristiwa tersebut bukan memperlihatkan serangan lebah di India di tengah pandemi. Video identik dimuat kanal Youtube saluran berita Times Now pada 6 Mei 2020, berjudul "Deadly gas leak at LG Polymers factory in Visakhapatnam; Over 250 hospitalized".
 

[Cek Fakta] Video Serangan Lebah di India saat Pandemi Covid-19? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video bahwa terjadi serangan lebah di India di tengah pandemi virus Korona baru (covid-19) adalah salah. Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=XsesisLdtW4
https://web.facebook.com/451755488343146/videos/605072520103695/
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif