Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Kaesang Akui Jokowi dengan Kesederhanaan Bisa Menipu Rakyat? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 29 Juli 2020 08:04
Beredar sebuah foto memperlihatkan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menggunakan kemeja, celana pendek dan sandal. Foto itu beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Surya Agan yang turut mengunggah foto tersebut, Selasa 28 Juli 2020. Pada foto itu tampak sebuah narasi seolah pernyataan dari Kaesang.
 
Berikut selengkapnya:


"Bapak Saya Dengan Kesederhanaan Bisa Nipu Rakyat Indonesia
Kenapa Saya Tidak?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
- Kaesang Pangarep

[Cek Fakta] Kaesang Akui Jokowi dengan Kesederhanaan Bisa Menipu Rakyat? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Kaesang mengakui bahwa bapaknya, Presiden Jokowi dengan kesederhanaan bisa menipu rakyat Indonesia, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai kebenaran hal itu.
 
Kami menelusuri pernyataan tersebut melalui mesin pencari. Hasilnya, tidak ada pernyataan resmi dari Kaesang yang menyatakan demikian.
 
Selain itu, kami juga pernah mengulas terkait foto tersebut, Rabu 27 Mei 2020. Foto Kaesang menggunakan kemeja dan celana pendek itu juga pernah ditambahkan narasi terkait penanganan covid-19 di Jakarta.
 

[Cek Fakta] Kaesang Akui Jokowi dengan Kesederhanaan Bisa Menipu Rakyat? Ini Faktanya
 

Saat itu, Kaesang dinarasikan mampu menangani covid-19 di DKI Jakarta jika menjadi gubernur. Kini, foto yang sama disandingkan dengan narasi berbeda, dan narasinya tidak berdasar.
 
Sebenarnya, foto itu berasal dari unggahan Kaesang di akun Instagramnya @kaesangp pada Minggu 24 April 2020. Kaesang memberikan caption pada foto tersebut.


"Atas kemeja, bawahan celana pendek dan pake srandal. OOTD ngantor jaman now," tulis Kaesang.


[Cek Fakta] Kaesang Akui Jokowi dengan Kesederhanaan Bisa Menipu Rakyat? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Kaesang mengakui bahwa bapaknya, Presiden Jokowi dengan kesederhanaan bisa menipu rakyat Indonesia, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal itu.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 

Referensi:
Google
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GKdOlqdk-cek-fakta-kaesang-sebut-pandemi-covid-19-di-jakarta-bisa-diatasi-jika-dir
https://www.instagram.com/p/B_W8Hz7Jp0l/
https://kominfo.go.id/content/detail/28004/disinformasi-kaesang-bapak-saya-dengan-kesederhanaan-bisa-nipu-rakyat-indonesia-kenapa-saya-tidak/0/laporan_isu_hoaks
https://turnbackhoax.id/2020/07/21/salah-kaesang-bapak-saya-dengan-kesederhaan-bisa-nipu-rakyat-indonesia-kenapa-saya-tidak/
https://archive.today/L32mk
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif